PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN UPAYA PENGAPLIKASIANNYA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO

KAPPU, SYAHRIL NS (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DAN UPAYA PENGAPLIKASIANNYA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SYAHRIL-1.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP SYAHRIL-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Syahri NS. Kappu 2022. “Problematika Pembelajaran Akidah Akhlak dan
Upaya Mengaplikasikannya di MTs Negeri Palopo”.” Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin, dan
Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang roblematika Pembelajaran Akidah Akhlak
dan Upaya Mengaplikasikannya di MTs Negeri Palopo. 1) Tujuan dari peneltian
ini adalah Untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran akidah akhlak di
MTs Negeri Palopo. 2) Untuk mengetahui cara mengaplikasikan pembelajaran
akidah akhlak pada peserta didik di MTs Negeri Palopo. Metode penelitian ini
adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah pedagogik,
psikologis dan sosiologis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data
primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan datanya adalah tringulasi,
pembahasan teman sejawat. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Problematika yang terjadi selama kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak yakni
faktor peserta didik, Faktor latar belakang pendidikan sebelumnya, dan faktor pendidik.
Seorang guru harus mampu mengenali kelebihan dan kekurangan dirinya ketika
melaksanakan kegiatan pembelajaran.” Akibatnya, di setiap akhir pelajaran, guru harus
menilai siswa terhadap aktivitas belajarnya. Untuk meningkatkan pembelajaran di masa
depan, guru harus selalu terbuka untuk kritik dan ulasan. pembelajaran mencakup
distribusi konten dan pengetahuan. Media bahasa akan digunakan untuk menyampaikan
informasi tersebut. Akibatnya, bahasa merupakan aspek penting dari setiap proses belajar.
Siswa akan dapat memahami dan memahami konten dengan lebih mudah jika Anda
menggunakan bahasa yang jelas. 2) Ada tiga yang harus diperhatikan oleh guru dalam
pengaplikasian akidah akhlak pada peserta didik yakni, pertama guru harus lebih tekun
dan ulet dalam menyampaikan materi pelajaran, supaya siswa selalu memiliki semangat
dan selalu optimis dalam belajar. 2) Guru harus bisa melakukan pendekatan dengan
siswa, jadi guru harus bisa mengetahui kondisi dan kemampuan siswa, adakalanya siswa
yang kurang motivasi dalam belajar, dan bagi siswa yang belum faham dengan materi
perlu adanya bimbingan dan motivasi dari guru untuk mengarahkannya supaya tidak
ketinggalan dari siswa lainnya, cara lain yang disukai siswa yaitu guru membaca
berulang-ulang kemudian siswa menirukan, selain itu sepintas guru membaca lalu siswa
mempelajari sendiri. Guru harus bisa menggunakan metode dengan baik dan benar
sehingga bisa menciptakan suasana belajar yang nyaman, dan siswa lebih bersemangat
dalam belajar.
Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Akidah Akhlak, Pengaplikasiannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:14
Last Modified: 20 Jun 2023 03:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6781

Actions (login required)

View Item View Item