PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PALOPO

MUTHMAINNAH, MUTHIA (2020) PERANAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN LITERASI MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of DRAF SKRIPSI MUTHIA MUTHMAINNAH.pdf] Text
DRAF SKRIPSI MUTHIA MUTHMAINNAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muthia Muthmainnah, 2020. “Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam
(Rohis) dalam Meningkatkan Minat dan Literasi Membaca Al-Qur’an
Peserta Didik di SMA Negeri 3 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Muh. Abduh.
Skripsi ini membahas tentang Peranan Kegiatan Ekstrakurikuler Rohani Islam
(Rohis) dalam Meningkatkan Minat dan Literasi Membaca Al-Qur’an Peserta
Didik di SMA Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
peranan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam meningkatkan
minat dan literasi membaca Al-Qur’an peserta didik di SMA Negeri 3 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat
deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Palopo dan beberapa rumah
peserta didik selama tiga pekan. Data diperoleh melalui teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi menggunakan instrumen wawancara, alat perekam
dan kamera. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan mereduksi data,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan serta memverifikasi. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa: Kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam
(Rohis) berperan baik dalam meningkatkan minat dan literasi membaca Al-Qur’an
sesuai kaidah ilmu tajwid peserta didik yang tergabung aktif dalam
ekstrakurikuler tersebut pada tahun ajaran 2019/2020. Meskipun ditemukan
beberapa kendala seperti kurangnya minat peserta didik secara umum di SMA
Negeri 3 Palopo terhadap ekstrakurikuler Rohani Islam, tidak tersedianya dana
untuk kegiatan Rohani Islam, kurangnya tenaga pendidik serta faktor waktu,
namun hal tersebut berusaha diatasi oleh pihak sekolah dengan menjalankan
beberapa solusi yakni menguji peserta didik membaca Al-Qur’an, menjadikan
semua kelas menjadi donatur, dan bekerjasama dengan orang tua/wali. Adapun
minat dan literasi membaca Al-Qur’an peserta didik mayoritas mengalami
peningkatan setelah belajar di ekstrakurikuler Rohani Islam. Peningkatan tersebut
memiliki tingkatan yang berbeda-beda antara satu sama lain sesuai dengan faktor-
faktor yang mempengaruhi individu tersebut.
Kata Kunci: Peranan, Rohani Islam, Membaca, Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Jun 2023 00:58
Last Modified: 26 Jun 2023 00:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6854

Actions (login required)

View Item View Item