PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN GUIDED INQUIRY DENGAN FREE INQUIRY DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo)

SYAMSU, YESI (2016) PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN GUIDED INQUIRY DENGAN FREE INQUIRY DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of YESI SYAMSU.pdf] Text
YESI SYAMSU.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Yesi Syamsu. 2016. Perbandingan Hasil Pembelajaran Melalui Pendekatan
Guided Inquiry dengan Free Inquiry dalam Mata Pelajaran
Matematika (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Palopo). Dibimbing (I) Dr. H. Hisban Thaha, M.Ag.,
Pembimbing (II) Alia Lestari, S.Si.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Guided Inquiry, Pendekatan Free
Inquiry
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana hasil belajar
matematika siswa melalui pendekatan guided inquiry ? (2) Bagaimana hasil belajar
matematika siswa melalui pendekatan free inquiry ? (3) Apakah ada perbedaan hasil
belajar matematika siswa yang diajar melaui pendekatan guided inquiry dengan
Pendekatan free inquiry ?.
Tujuan Penelitian ini: a. untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa
yang diajar melalui pendekatan guided inquiry. b. Untuk mengetahui bagaimana
hasil belajar matematika siswa yang diajar melaui pendekatan free inquiry, Untuk
mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui
pendekatan guided inquiry dengan pendekatan free inquiry.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jumlah populasi dalam
penelitian ini 240 orang siswa dan sampelnya adalah kelas VIIIa yang diterapkan
pendekatan Guided Inquiry, dan kelas VIII b yang diterapkan pendekatan Free
Inquiry, dengan jumlah masing – masing siswa 30 siswa. Pengolahan data dilakukan
dengan secara (1) statistik deskriptif untuk menggambarkan hasil belajar matematika
siswa baik sebelum maupun sesudah penerapan model pembelajaran., dan (2)
statistik inferensial untuk menguji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
matematika siswa setelah di terapkan pendekatan Guided Inquiry dengan Free
Inquiry. Berdasarkan hasil hitung statistik inferensial maka ������ tidak diperoleh
Karena �� �
�� > ������, maka �� ditolak dan �� diterima. Artinya, terdapat
perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar melalui pendekatan
guided inquiry dengan pendekatan free inquiry pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:13
Last Modified: 27 Jun 2023 00:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item