PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH PUASA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SALOBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA

FITRIANI, FITRA (2022) PEMBELAJARAN FIQIH IBADAH PUASA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SALOBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Fitra Fitriani pengesahan.pdf] Text
Fitra Fitriani pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

xx
Abstrak
Fitra Fitriani, 2022. “Pembelajaran Fiqih Ibadah Puasa Kelas VIII di MTs.
Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Hasri dan Makmur.
Skripsi ini membahas tentang Pembelajaran Fiqih Ibadah Puasa Kelas VIII
di Madarasah Tsanawiyah Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten
Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana
perencanaan pembelajaran Fiqih ibadah puasa kelas VIII di MTs. Salobongko,
2)Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fiqih ibadah
puasa kelas VIII di MTs Salobongko, 3)Untuk mendskripsikan bagaimana hasil
pembelajaran Fiqih ibadah puasa kelas VIII di MTs. Salobogko.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang membicarakan bentuk
dari Pembelajaran Fiqih Ibadah Puasa Kelas VIII di MTs. Salobongko Kecamatan
Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, keabsahan data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Fiqih Ibadah
Puasa di MTs. Salobongko sudah sangat maksimal dilihat dari (a) penyusunan
silabus dan (b) pengembangan RPP. Dimana silabus dan RPP disusun berdasarkan
K-13 secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara
intraktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas,
xxi
dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta
psikologis peserta didik. 2) Perencanaan Pembelajaran Fiqih Ibadah puasa
dilakukan dengan pelaksanaan yang menggunakan tiga tahapan, (a) kegiatan awal,
(b) kegiatan inti, (c) kegiatan akhir. Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dan
peserta didik merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Pelaksanaan
pembelajaran yang baik akan membetuk kemampuan intelektual, berpikir kritis
dan munculnya kreativitas serta perubahan perilaku atau pribadi seorang
berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu, 3) Hasil pembelajaran Fiqih Ibadah
puasa dapat dilihat dalam tiga aspek yaitu (a) aspek kognitif, (b) aspek afektif (c)
aspek psikomotorik. Melalui ketiga aspek ini guru membawa suatu perubahan
pada hasil berupa dampak positif maupun negatif dalam pembelajaran sehingga
membuat hasil belajar pada ke tiga aspek juga mengalami perubahan.
Kata Kunci: Pembelajaran, Fiqih Ibadah Puasa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Jun 2023 00:52
Last Modified: 27 Jun 2023 00:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item View Item