KONTEKSTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB AL-BARZANJI KARYA SYAIKH JA’FAR AL-BARZANJI DALAM PERSPEKTIF ULAMA KOTA PALOPO

ABIDIN, MUHAMMAD ZAINAL (2023) KONTEKSTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KITAB AL-BARZANJI KARYA SYAIKH JA’FAR AL-BARZANJI DALAM PERSPEKTIF ULAMA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN.pdf] Text
MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Zainal Abidin, 2023. Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan
dalam Kitab Al-Barzanji Karya Syaikh Ja’far Al-Barzanji dalam Perspektif
Ulama Kota Palopo, pada program Pascasarajana Pendidikan Agama slam, Institut Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing I, Dr. Syahruddin, M.H.I.
dan Pembimbing II, Dr. Bustanul Iman RN, M.A.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
dalam kitab al-Barzanji. 2) Untuk mengetahui kontekstualisasi nilai pendidikan
dalam kitab al-Barzanji dalam perspektif ulama Kota Palopo. 3) Untuk
mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat terhadap
kontekstualisasi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam kitab al-Barzanji.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena�fenomena yang terjadi. Pendekatan penelitian ini adalah pedagogis psikologis
sosiologis Sumber data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder.
Teknik dan instrumen pengunpulan data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Iman dan taqwa, syukur,
rendah hati, shiddiq atau jujur, amanah atau dapat dipercaya, tabligh atau
menyampaikan, fhatonah atau cerdas, ramah, adil, dan sabar adalah nilai-nilai
pendidikan yang digariskan dalam kitab al-Barzanji. Melalui penamaan nilai-nilai
Islam, pembinaan akhlak dan jasmani, serta produksi perubahan ke arah yang positif,
maka pendidikan akhlak merupakan kegiatan yang dilakukan secara sadar dan
sengaja untuk memberikan pembinaan jasmani dan rohani. 2) Kontekstualisasi nilai
pendidikan dalam Kitab al-Barzanji dalam perspektif ulama Kota Palopo yaitu
mengajarkan rasa cinta kepada Rasulullah melalui sholawat kepadanya, menjadi
lading metode dakwah, menjadi penyejuk dalam kehidupan keluarga dan
masyarakat umum, memiliki kepribadian yang baik, nilai-nilai karakter religius
dalam mendidik anak, mengajarkan nilai keteladanan dan memantapkan nilai
tawadhu atau rendah hati, memiliki sikap ramah, jujur, adil dan rasa bersyukur.
3) Faktor pendukung dan penghambat terhadap kontekstualisasi nilai-nilai
pendidikan yang terkandung dalam kitab al-Barzanji. Adapun faktor
pendukungnya yaitu masyarakat senang, dukungan dari penyuluh agama dan
adanya Buku al-Barzanji. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya
masyarakat tidak menyukai membaca al-Barzanji, dan bacaan al-barzanji
dijadikan sebagai ibadah
Kata Kunci : Kontekstualisasi, Nilai Pendidikan, Kitab Al-Barzanji, dan Syaikh
Ja’far Al-Barzanji

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:27
Last Modified: 03 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6925

Actions (login required)

View Item View Item