LESTARI, NOVIANTI AYU (2022) URGENSI KOMUNIKASI ANTARA GURU PAI DENGAN SISWA DI MASA COVID-19 DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 BUA PONRANG KAB. LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NOVIANTI AYU LESTARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Novianti Ayu Lestari, 2022. “Urgensi Komunikasi Antara Guru PAI dan Siswa
Dimasa Covid-19 Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP
Negeri 3 Bua Ponrang” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Arifuddin.
Skripsi ini membahas tentang urgensinya suatu komunikasi antara guru
PAI dan siswa kelas IX di masa pandemic Covid-19. Penelitian ini bertujuan
untuk Untuk mengetahui bentuk pola komunikasi antara guru dan siswa dimasa
Covid-19 terhadap peningkatan prestasi belajar-belajar siswa kelas IX SMP
Negeri 3 Bua Ponrang.Untuk mengetahui urgensi komunikasi antara guru dan
siswa dimasa Covid-19 terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX.
Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat komunikasi guru PAI dan
siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk pola komunikasi
antara guru PAI dan siswa (1) Bentuk Komunikasi Verbal umumnya dilakukan
dengan menggunakan kata-kata atau lisan yang mudah dimengerti. (2)
Komunikasi Nonverbal yang di lakukan guru dengan Gaya gerak tubuh dalam
memberikan materi pembelajaran, memberikan pengahargaan, memberikan
teguran. Kedua, Urgensi komunikasi antara guru PAI dan siswa dimasa covid-19
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX di SMPN 3 Bua Ponrang; (1)
Komunikasi yang Efektif, Guru sudah menerapkan Langkah-langah taktis dalam
memberikan pembelajaran agar bisa terlaksana sesuai dengan kurikulum yang
sudah terencana sebelumnya. (2) Guru sebagai Komunikator sangat berperan
dalam proses belajar mengajar. (3) Siswa sebagai Komunikan mengikuti
pembejaran dan berkomunukasi dengan guru dengan Verbal. (4) Media
komunikasi menggunaan aplikasi zoom dan google meet dalam pembelajaran dan
menggunakan aplikasi WhasApp dalam menyampaikan pesan Ketiga, Faktor�faktor penghambat komunikasi guru PAI dan siswa dalam proses pembelajaran;
Faktor internal, terdiri dari faktor jasmani, Faktor Psikologis Faktor Kelelahan.
Faktor Eksternal, terdiri dari Faktor Keluarga Faktor Sekolah
Kata Kunci: Covid-19, Komunikasi, Urgensi, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:27 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6973 |
Actions (login required)
View Item |