NURJANI, NURJANI (2022) E F E K T VI T A S M E T O D E P E R K A L I A N L A T I S U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
![[thumbnail of NURJANI.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
NURJANI.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Nurjani 2022, “Efektivitas Metode Perkalian Latis untuk Meningkatkan 
Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Bajo” Skripsi Prodi 
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut 
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Dibimbing oleh Alia Lestari dan 
Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Secara umum penelitian ini membahas mengenai Efektivitas Metode 
Perkalian Latis untuk Meningkatkan Kemampan Matematika Siswa Kelas VII 
SMPN 1 Bajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar 
Siswa dalam Operasi Perkalian matematika Sebelum dan Sesudah Menggunakan 
Metode Perklian Latis. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan 
kemampan siswa dalam operasi perkalian dengan menggunakan metode perkalian
latis pada siswa kelas VII SMPN 1 Bajo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan 
Quasy Eksperimen dengan tipe One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan 
data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi. 
Teknik analisis dengan tahap statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa kelas 
VII SMP Negeri 1 Bajo sebelum (Pretest) menggunakan metode perkalian latis 
diperoleh nilai rata-rata yang diklasifikasikan dalam kategori kurang baik dan 
kemampuan belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bajo sesudah 
(Posttest) menggunakan metode perkalian latis diperoleh nilai rata-rata yang 
diklasifikasikan dalam kategori Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 :µ1< 
µ2, yang artinya penggunaan metode perklian Latis dapat meningkatkan 
kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bajo. Dimana perolehan 
hasil nilai rata-rata kemampuan belajar marematika siswa sebelum menggunakan 
metode perkalian latis lebih rendah dari nilai rata-rata kemampuan belajar 
matematika siswa sesudah menggunakan metode perkalian latis.
Kata Kunci :Metode Latis, kemampuan belajar matematika
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 13 Jul 2023 05:15 | 
| Last Modified: | 13 Jul 2023 05:15 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6975 | 
