E F E K T VI T A S M E T O D E P E R K A L I A N L A T I S U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 BAJO

NURJANI, NURJANI (2022) E F E K T VI T A S M E T O D E P E R K A L I A N L A T I S U N T U K MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURJANI.pdf] Text
NURJANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurjani 2022, “Efektivitas Metode Perkalian Latis untuk Meningkatkan
Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Bajo” Skripsi Prodi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Dibimbing oleh Alia Lestari dan
Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Secara umum penelitian ini membahas mengenai Efektivitas Metode
Perkalian Latis untuk Meningkatkan Kemampan Matematika Siswa Kelas VII
SMPN 1 Bajo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar
Siswa dalam Operasi Perkalian matematika Sebelum dan Sesudah Menggunakan
Metode Perklian Latis. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan
kemampan siswa dalam operasi perkalian dengan menggunakan metode perkalian
latis pada siswa kelas VII SMPN 1 Bajo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
Quasy Eksperimen dengan tipe One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan teknik Observasi, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis dengan tahap statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Bajo sebelum (Pretest) menggunakan metode perkalian latis
diperoleh nilai rata-rata yang diklasifikasikan dalam kategori kurang baik dan
kemampuan belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bajo sesudah
(Posttest) menggunakan metode perkalian latis diperoleh nilai rata-rata yang
diklasifikasikan dalam kategori Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 :µ1<
µ2, yang artinya penggunaan metode perklian Latis dapat meningkatkan
kemampuan matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bajo. Dimana perolehan
hasil nilai rata-rata kemampuan belajar marematika siswa sebelum menggunakan
metode perkalian latis lebih rendah dari nilai rata-rata kemampuan belajar
matematika siswa sesudah menggunakan metode perkalian latis.
Kata Kunci :Metode Latis, kemampuan belajar matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 13 Jul 2023 05:15
Last Modified: 13 Jul 2023 05:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item View Item