PENGARUH KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PUTRA KOTA PALOPO

SERIFA, SERIFA (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS VIII SMP PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PUTRA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SERIFA.pdf] Text
SERIFA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Serifa, 2018 “Pengaruh Kedisiplinan Peserta didik terhadap Hasil Belajar PAI
Pada Kelas VIII di SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman
Putra Kecamatan Bara Kota Palopo. Skripsi Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam. Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. dibimbing oleh: Pembimbing
1 Drs. H.M. Arief R.,M.Pd.I Dan Pembimbing II Alia Lestari,
M.SI.
Kata kunci : Kedisiplinan, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran
kedisiplinan peserta didik di SMP PMDS Putra Palopo. (2) Bagaimana hasil
belajar Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIII di SMP PMDS Putra
Palopo. (3) Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII
di SMP PMDS Putra Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan
desain penelitian, yaitu ex-post facto. Adapun jumlah populasi adalah 43 peserta
didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik nonprobability yaitu
sampel jenuh atau sering disebut total sampling yaitu dengan cara mengambil
seluruh anggota populasi sebagai responden atau sampel. Instrumen penelitian ini
menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis
statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil, yakni analisis statistik
deskriptif dan menggunakan bantuan program SPSS ver. 22 for windows.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Pengaruh kedisiplinan di
SMP PMDS Putra Palopo termasuk dalam kategori sangat baik dengan frekuensi
24 orang dan hasil persentase 56%. Sedangkan hasil belajar pendidikan agama
islam peserta didik kelas VIII di SMP PMDS Putra Palopo termasuk dalam
kategori baik dengan frekuensi 28 orang dan hasil persentase 65% di peroleh α
sebesar 4.003 dan b sebesar 0,903 selain itu diperoleh thitung 9.058 ≥ ttabel1,683
sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan ry sebesar 0,817, R square sebesar
0,667 atau 66% pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar pendidikan agama
islam peserta didi kelas VIII di SMP PMDS Putra Palopo.
Implikasi penelitian pengaruh kedisipllinan terhadap hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam lebih mengoptimalkan lagi
agar dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik dan efektif. Dengan
mengoptimalkan kedisiplinan peserta didik maka peningkatan hasil belajar
semakin membaik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:29
Last Modified: 20 Jul 2023 01:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6987

Actions (login required)

View Item View Item