STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO TAHUN 2023

NURAENI, SITTI (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DALAM PEMBINAAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO TAHUN 2023. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SITTI NURAENI ACC IAIN Palopo.pdf] Text
SKRIPSI SITTI NURAENI ACC IAIN Palopo.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Sitti Nuraeni, 2023. “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Pembinaan
Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Palopo
Tahun 2023”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Munir Yusuf,
M.Pd., dan Muh. Yamin, S.Pd., M.Pd.
Skirpsi ini membahas tentang Strategi Pembelajaran al-Qur’an Hadis dalam
Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an di Madrasah Aliyah Negeri Palopo Tahun 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Strategi yang digunakan Guru al-
Qur’an Hadis dalam Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an, (2) Mengetahui Apa Kendala
dan Tantangan dalam Proses Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Pada Pembelajaran al-
Qur’an Hadis, (3) Mengetahui Apa Hasil yang didapatkan dari Proses Pembinaan
Baca Tulis al-Qur’an Melalui Pembelajaran al-Qur’an Hadis. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di
Madrasah Aliyah Negeri Palopo dan waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan
tiga bulan. Subjek penelitian yaitu: Guru al-Qur’an Hadis, dan peserta didik.
Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, dokumen atau
foto. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan
Guru al-Qur’an Hadis: (a) melatih atau memperbaiki bacaan al-Qur’an, (b)
muraja’ah bacaan ayat al-Qur’an (c) menghafalkan al-Qur’an. (2) Apa Kendala dan
Tantangannya: (a) Faktor kemalasan, (b) Faktor Lingkungan, (c) Meningkatkan
Motivasi semangat belajar (3) Apa Hasil yang didapatkan: (a) Respon Siswa, Ada
Senang karena diselingi gemes dan kuis. (b) Ada juga kurang senang karena guru
tidak disiplin, cara mengajar cuman beri catatan dan tidak tepat waktu.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, al-Qur’an Hadis, Pembinaan, Baca Tulis al-
Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:52
Last Modified: 26 Jul 2023 01:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/6999

Actions (login required)

View Item View Item