STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY KERIPIK PISANG AL-BAROKAH DESA TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA

SULISTIANI. J, SULISTIANI. J (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA HOME INDUSTRY KERIPIK PISANG AL-BAROKAH DESA TOLADA KECAMATAN MALANGKE KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SULISTIANI.J.pdf] Text
SULISTIANI.J.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulistiani.J, 2023. “Strategi Pengembangan Usaha Home Industry Al-Barokah
Keripik Pisang Desa Tolada Kecamatan Malangke
Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Ekonomi
Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Pembimbing Nur Amal Mas, S.E.Sy.,
M.E.
Penelitian ini membahas tentang Strategi Pengembangan Usaha Home Industry
Al-Barokah Keripik Pisang Desa Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu
Utara. Dalam penelitian ini mengangkat masalah pokok yang bertujuan Untuk
mengetahui strategi pengembangan usaha home industry keripik pisang Al�Barokah Desa Tolada Kecamatan Malangke Kabupten Luwu Utara dan
menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman strategi masyarakat
Desa dalam mengembangan produknya. Penelitian ini merupakan penelitian yang
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan
keabsahan data melalui Teknik triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi Pengembangan Usaha Home Industry
Masyarakat Desa Tolada Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara berpotensi
untuk mengembangkan beberapa bagian dalam industri tersebut seperti
mempertahankan kualitas produk keripik pisang yang berbahan baku alami
bermutu dan bergizi tinggi untuk memenuhi permintaan keripik pisang,
meningkatkan dan memperkuat jaringan pemasaran, memperbaiki sistem
manajemen usaha dan memperluas tempat produksi, memperbaiki sistem produksi
usaha dengan menggunakan alat modern, melakukan inovasi produk,
mengupayakan ketersediaan bahan baku utama dengan kontinu, melakukan
efesiensi bahan produksi melakukan pengembangan atau diversifikasi produk
untuk menghadapi barang subtitusi yang tinggi, dan memperkuat daerah
pemasaran agar konsumen lebih mengenal keripik pisang tersebut. Kemudian
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah strategi
opportunity dan streanght karena hasil analisis SWOT terletak pada peluang pada
usaha tersebut salah satunya untuk menigkatkan volume penjualan produk yaitu
memanfaatkan adanya kepercayaan dari konsumen dari segi kualitas, menetapkan
harga yang relatif murah, produk yang berkualitas baik, dan kemasan produk yang
cukup menarik meski kemasan hanya di tutupi menggunakan api lilin.
Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Usaha, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jul 2023 06:27
Last Modified: 31 Jul 2023 23:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7018

Actions (login required)

View Item View Item