Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Metode Show and Tell di TK Mandiri Babul Falah Desa Pandak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara

WITASYA, ZARAH (2023) Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Metode Show and Tell di TK Mandiri Babul Falah Desa Pandak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ZARAH WITASYA.pdf] Text
ZARAH WITASYA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Zarah Witasya, 2023. “Meningkatkan Percaya Diri Anak Melalui Metode Show
and Tell di TK. Mandiri Babul Falah Desa Pandak Kecamatan Masamba
Kabupaten Luwu Utara” Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak
Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo, dibimbing oleh H. Bulu‟ dan Pertiwi Kamariah
Hasis.
Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan percaya diri anak
didik di TK Mandiri Babul Falah Desa Pandak Kecamatan Masamba Kabupaten
Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan percaya
diri anak melalui metode show and tell di TK Mandiri Babul Falah Desa Pandak
Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang diwujudkan dalam 2 siklus, yaitu siklus I yang terdiri dari 3
kali pertemuan dan siklus II yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian
ini adalah anak kelompok B TK Mandiri Babul Falah Desa Pandak Tahun Ajaran
2022/2023, yang berjumlah 14 orang anak. Metode pemecahan masalah yang
digunakan yaitu dengan menerapkan proses belajar mengajar dengan
menggunakan metode show and tell untuk meningkatkan percaya diri anak yang
diperoleh dari hasil obsevasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini
ditentukan dengan skor hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan hasil
belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau pra siklus sebesar 32% dari semua indikator
dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor sebesar 44%
dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklsul II denagn
rata-rata skor 76% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan mencapai
kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kealas (PTK) ini dikatakan
berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran menggunakan metode
show and tell dapat meningkatkan kemampuan percaya diri anak di TK Mandiri
Babul Falah Desa Pandak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Kata Kunci : Percaya Diri, Metode show and tell

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:22
Last Modified: 31 Jul 2023 07:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7022

Actions (login required)

View Item View Item