PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO

HASYIM, NUR AZIZAH (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN BERBELANJA DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FEBI IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Nur Azizah Hasyim_YG BETUL.pdf] Text
Nur Azizah Hasyim_YG BETUL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Azizah Hasyim, 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Konsumen Berbelanja di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa FEBI IAIN
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Muzayyanah
Jabani.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Keputusan Konsumen Berbelanja di Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa FEBI IAIN
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap keputusan konsumen berbelanja di aplikasi shopee pada mahasiswa
FEBI IAIN Palopo. Masalah penelitian ini adalah apakah kualitas pelayanan
berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen berbelanja di aplikasi shopee
pada mahasiswa FEBI IAIN Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode angket.
Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
IAIN Palopo yang berjumlah 3.141 mahasiswa. Pengambilan jumlah sampel
dilakukan dengan rumus slovin dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 97
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling,
dimana sampel diambil secara acak sehingga semua populasi mempunyai peluang
dan kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Selanjutnya, teknik
pengelolaan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan analisis data kuantitatif dengan bantuan program SPSS 28. Adapun
tahapan dalam teknik pengelolaan dan analisis data yaitu uji kualitas instrumen
penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya, akan dilakukan
dengan metode uji kolmogorov smirnov dan uji heteroskedastisitas. Kemudian
penelitian ini akan menggunakan teknik analisis uji regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X)
terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y)
dengan hasil perhitungan bahwa nilai thitung 9.956 > ttabel 1.985. Dari hasil tersebut
dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya
pengaruh signifikan antara variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap variabel
Keputusan Konsumen (Y) Berbelanja di Aplikasi Shopee pada Mahasiswa FEBI
IAIN Palopo.
Kata Kunci : keputusan konsumen, kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:17
Last Modified: 01 Aug 2023 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item