PENGARUH REPUTASI BANK DAN PRODUK BANK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK BSI

HASRIANI, HASRIANI (2023) PENGARUH REPUTASI BANK DAN PRODUK BANK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK BSI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HASRIANI.pdf] Text
HASRIANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Hasriani, 2023. “Pengaruh Reputasi Bank dan Produk Bank Terhadap Keputusan
Menabung Pada Bank BSI” Skripsi Program Studi Perbankan Syariah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo,
Di Bimbing oleh Jibria Ratna Yasir, S.E.M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi bank dan produk
bank terhadap keputusan menabung pada BSI KCP Palopo Ratulangi. Jenis
penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 16.712 nasabah dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100
responden dimana instrumen penelitian ini yaitu angket/kuisioner. Teknik yang
digunakan dalam penentuan sampel yaitu accidential sampling. Dengan beberapa
Uji asumsi klasik yang digunakan penelitian ini meliputi uji normalitas, uji
multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis meliputi, uji T
(parsial),uji simultan (F), dan uji koefisien determinasi (R2
). Hasil dari penelitian
ini menunjukkan bahwa variabel Reputasi Bank (X1) memperoleh nilai thitung
sebesar 6,056 dan ttabel sebesar 1,98472 sehingga thitung> ttabel, dengan nilai
signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000<
0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H₁ diterima dengan kata
lain terdapat pengaruh reputasi bank terhadap keputusan menabung di Bank Syariah
Indonesia. Dan hasil penelitian untuk variabel Produk Bank (X2) memperoleh nilai
thitung sebesar 4,383 dan ttabel sebesar 1,98472 sehingga thitung> ttabel, dengan nilai
signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000<
0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H2 diterima dengan kata
lain terdapat pengaruh produk bank terhadap keputusan menabung di Bank Syariah
Indonesia. Reputasi bank dan produk bank secara bersama-sama (Simultan)
berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada Bank Syariah
Indonesia (BSI) KCP Ratulangi Palopo. Dimana hasil Rsquare sebesar 0,656 atau
65,6% menunjukkan variabel minat nasabah dipengaruhi oleh kedua faktor
independen yang digunakan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Reputasi bank, Produk bank dan Keputusan menabung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Aug 2023 03:22
Last Modified: 01 Aug 2023 03:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item