PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SAWERIGADING LAUNDRY KOTA PALOPO

AHMAR, MUHAMMAD REZALDY (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SAWERIGADING LAUNDRY KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHAMMAD REZALDY AHMAR.pdf] Text
MUHAMMAD REZALDY AHMAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Rezaldy Ahmar, 2022, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga
Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sawerigading Laundry Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Adzan Noor Bakri.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Pelyananan dan Harga Terhadap
Kepuasan Pelanggan Pada Sawerigading Laundry Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk: menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara
parsial dan simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Sawerigading Laundry
kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
yaitu pelanggan Sawerigading Laundry kota Palopo berjumlah 1.417 orang yang
diambil dari data pengunjung Sawerigading Laundry. Sampel yang digunakan
sebanyak 98 responden dengan menggunakan rumus Slovin dengan teknik
pengambilan accidental sampling. Data diperoleh melalui kuesioner online.
Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis data dengan uji asumsi klasik, uji regresi
linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: Kualitas
pelayanan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y)
dengan nilai t-hitung sebesar 4,857 > t-tabel 1,66105; Harga (X2) berpengaruh
positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan nilai t-hitung 5,106 >
t-tabel 1,66105. Kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh secara
simultsn terhadap kepuasan pelanggan (Y) pada Sawerigading Laundry kota
Palopo. Pengaruh yang diberikan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan
pelanggan sebesar 64% sedangkan sisanya 36 % dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Aug 2023 00:18
Last Modified: 02 Aug 2023 00:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7038

Actions (login required)

View Item View Item