Raming, Auliya Rizqi (2022) PRINSIP SYARIAH PADA PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING TIENS SYARIAH DI INDONESIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
AULIYA RIZQI RAMING.pdf
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Auliya Rizqi Raming, 2022. “Prinsip Syariah pada Perusahaan Multi Level 
Marketing Tiens Syariah di Indonesia”. Skripsi Program Studi Hukum 
Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Muhammad Tahmid Nur, M.Ag. dan Muhammad 
Fachrurrazy, S.E.I., M.H.
Skripsi ini membahas tentang Prinsip Syariah pada Perusahaan Multi 
Level Marketing Tiens Syariah di Indonesia Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk 
mengetahui sistem Multi Level Marketing pada Tiens Syariah di Indonesia. 2) 
Untuk mengetahui produk pada perusahaan MLM Tiens syariah apakah sudah 
sesuai dengan syartiat Islam.
Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif, yaitu 
penelitian yang bersifat pemaparan, dan bertujuan untuk memperoleh gambaran 
(deskripsi) lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu, atau 
mengenai gejala yuridis yang ada, atau suatu peristiwa hukum tertentu yang terjadi 
dalam masyarakat. ada 5 pendekatan yaitu pendekatan undang-undang, pendekatan 
kasus, pendekatan komparatif dan pendekatan konseptual. Bahan hukum dalam 
penelitian ini adalah bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan 
bahan hukum atau data sekunder dalam penelitian hukum normatif dilakukan 
dengan studi pustaka terhadap bahan-bahan hukum, baik bahan hukum primer, 
bahan hukum sekunder, maupun bahan hukum tersier dan atau bahan non- hukum. 
Penelusuran bahan hukum tersebut dapat dilakukan dengan membaca, melihat, 
mendengarkan, maupun penelusuran bahan hukum melalui media internet atau 
website. Dalam mengumpulkan data-data yang valid, maka penulis melakukan 
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sistem Multi Level 
Marketing pada Tiens Syariah di Indonesia adalah sistem MLM Tiens Palopo 
berusaha untuk meningkatkan pemasukan pada perusahaan. Peningkatan 
pemasukan dari perusahaan bisa didapatkan dengan meningkatkan dua elemen, 
yaitu omzet penjualan dan laba untuk setiap produk. Biasanya, perusahaan lebih 
memusatkan pada peningkatan omzet penjualan daripada meningkatkan laba yang 
didapat dari setiap produk dengan menaikkan harga produk. Kompetitor biasanya 
akan memenangkan persaingan jika suatu perusahaan menaikkan harga produk 
mereka. 2) Poduk pada perusahaan MLM Tiens syariah sudah sesuai dengan 
syariat Islam karena semua produk Tiens yang beredar di seluruh pelosok 
Indonesia, khususnya di Kota Palopo, sudah mendapatkan sertifikat halal dari 
MUI, dengan adanya sertifikat halal tersebut, maka Tiens diizinkan untuk beredar. 
dalam rangka mendapatkan ijin syariah, maka sistemnya harus diperketat dan 
xx
memerlukan waktu yang cukup lama, MUI harus terjun langsung untuk meneliti 
kehalalannya.
.
Kata Kunci: Prinsip Syariah, MLM dan Tiens Syariah.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Divisions: | Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:39 | 
| Last Modified: | 14 Aug 2023 01:39 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7069 | 
