PRINSIP SYARIAH PADA PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING TIENS SYARIAH DI INDONESIA

Raming, Auliya Rizqi (2022) PRINSIP SYARIAH PADA PERUSAHAAN MULTI LEVEL MARKETING TIENS SYARIAH DI INDONESIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AULIYA RIZQI RAMING.pdf] Text
AULIYA RIZQI RAMING.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Auliya Rizqi Raming, 2022. “Prinsip Syariah pada Perusahaan Multi Level
Marketing Tiens Syariah di Indonesia”. Skripsi Program Studi Hukum
Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Muhammad Tahmid Nur, M.Ag. dan Muhammad
Fachrurrazy, S.E.I., M.H.
Skripsi ini membahas tentang Prinsip Syariah pada Perusahaan Multi
Level Marketing Tiens Syariah di Indonesia Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk
mengetahui sistem Multi Level Marketing pada Tiens Syariah di Indonesia. 2)
Untuk mengetahui produk pada perusahaan MLM Tiens syariah apakah sudah
sesuai dengan syartiat Islam.
Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif, yaitu
penelitian yang bersifat pemaparan, dan bertujuan untuk memperoleh gambaran
(deskripsi) lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu, atau
mengenai gejala yuridis yang ada, atau suatu peristiwa hukum tertentu yang terjadi
dalam masyarakat. ada 5 pendekatan yaitu pendekatan undang-undang, pendekatan
kasus, pendekatan komparatif dan pendekatan konseptual. Bahan hukum dalam
penelitian ini adalah bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan
bahan hukum atau data sekunder dalam penelitian hukum normatif dilakukan
dengan studi pustaka terhadap bahan-bahan hukum, baik bahan hukum primer,
bahan hukum sekunder, maupun bahan hukum tersier dan atau bahan non- hukum.
Penelusuran bahan hukum tersebut dapat dilakukan dengan membaca, melihat,
mendengarkan, maupun penelusuran bahan hukum melalui media internet atau
website. Dalam mengumpulkan data-data yang valid, maka penulis melakukan
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sistem Multi Level
Marketing pada Tiens Syariah di Indonesia adalah sistem MLM Tiens Palopo
berusaha untuk meningkatkan pemasukan pada perusahaan. Peningkatan
pemasukan dari perusahaan bisa didapatkan dengan meningkatkan dua elemen,
yaitu omzet penjualan dan laba untuk setiap produk. Biasanya, perusahaan lebih
memusatkan pada peningkatan omzet penjualan daripada meningkatkan laba yang
didapat dari setiap produk dengan menaikkan harga produk. Kompetitor biasanya
akan memenangkan persaingan jika suatu perusahaan menaikkan harga produk
mereka. 2) Poduk pada perusahaan MLM Tiens syariah sudah sesuai dengan
syariat Islam karena semua produk Tiens yang beredar di seluruh pelosok
Indonesia, khususnya di Kota Palopo, sudah mendapatkan sertifikat halal dari
MUI, dengan adanya sertifikat halal tersebut, maka Tiens diizinkan untuk beredar.
dalam rangka mendapatkan ijin syariah, maka sistemnya harus diperketat dan
xx
memerlukan waktu yang cukup lama, MUI harus terjun langsung untuk meneliti
kehalalannya.
.
Kata Kunci: Prinsip Syariah, MLM dan Tiens Syariah.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Syariah > Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:39
Last Modified: 14 Aug 2023 01:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item