SAPUTRA, IKRAM (2022) IMPLEMENTASI MARKETING MIX DALAM PROSES CREATION BRAND. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
IKRAM SAPUTRA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ikram Saputra, 2022. “Implementasi Marketing Mix Dalam Proses Creation
Brand.” Skripsi Program Studi Manajemen Bisnis
Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam, Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Adzan
Noor Bakri.
Penelitian pada Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana bentuk
implementasi konsep bauran pemasaran atau marketing mix di Natural Coffee
dalam mengkreasikan produknya. 2) bagaimana Peran Bauran Pemasaran atau
Marketing Mix dalam proses Creation Brand di Natural Coffee.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. lokasi yang akan di jadikan
tempat dalam melakukan penelitian ini berada di Kota Palopo tepatnya di kedai
Natural Coffee. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data meluputi Data Reduction (Reduksi Data), Data
Display (Penyajian Data, dan Conclusion Drawing/Verivication (Menarik
Kesimpulan).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Natural Coffee menggunakan 4
tahapan atau proses dalam creation brandnya yaitu menentukan segmentasi pasar,
memilih nama brand dan logo, mendesain kemasan secara unik dan menarik serta
menerapkan strategi media sosial. Natural Coffee mengimplementasikan bauran
pemasaran yang dikenal 7 P pada proses creation brandnya. Minuman Natural
Coffee terdiri dari minuman kopi dan non-kopi. Pemberian harga pada minuman
tersebut didasarkan pada pertimbangan dari segi biaya bahan baku, teknik
pembuatan, dan metode penyajian. Tempat atau saluran distribusi produk Natural
Coffee bisa diakses secara online dan offline. Secara offline, pengguna dapat
membeli minuman dengan mengunjungi kedai Natural Coffee, dan online, mereka
dapat memesan minuman menggunakan platform media sosial seperti Instagram
dan WhatsApp. People yang berperan dalam aktifitas pemasaran Natural Coffee
yaitu mereka dari pihak kafe dan pelanggan. Disamping itu, bukti fisik
menekankan kenyamanan dan suasana ruang, yang dibangun dengan tema yang
menarik. Terakhir proses, meliputi pemesanan, penyajian, dan pembayaran. Peran
marketing mix dalam proses creation brand di Natural Coffee yaitu Marketing
mix berperan dalam merumuskan strategi dalam memasarkan produk dan
merancang konsep yang pas sesuai dengan target pasar maupun kebutuhan dan
perilaku konsumen sehingga produk tersebut dapat dikomunikasikan ke target
pasar yang tepat. Marketing mix membantu dalam memperkuat dan membangun
strategi pemasaran dalam merencanakan sebuah bisnis kuliner seperti coffee shop.
Marketing mix sangat penting dalam proses creation brand karena merupakan
media perantara untuk menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Selain
itu, Marketing mix juga berperan dalam proses creation brand untuk merumuskan
strategi dalam memasarkan produk, sehingga produk tersebut dapat
dikomunikasikan ke target pasar yang tepat.
Kata Kunci: Marketing Mix dan Creation Brand
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 06:30 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 06:30 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7070 |
Actions (login required)
View Item |