HENNI, HENNI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
![[thumbnail of HENNI.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
HENNI.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK 
Henni, 2022 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan 
Keagamaan peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi 
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu 
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hj. 
Fauziah Zainuddin, M.Ag. dan Sudirman S. Ag., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam 
dalam Pembinaan Keagamaan Peserta didik kels VIII SMP Negeri 8 Palopo. 
Adapun tujuan penelitian: 1) Untuk mengungkapkan keadaan Keagamaan Peserta 
didik kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo, 2) Untuk mengungkapkan Upaya Guru 
Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan Peserta didik kelas VIII 
SMP Negeri 8 Palopo, 3) Untuk mengungkapkan hambatan dan solusi Guru 
pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan kelas VIII SMP Negeri 8 
Palopo. 
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan 
jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumplan data wawancara, observasi, dan 
Dokumentasi, adapun seubjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru 
Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo, 
pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi dan teknik analisis data 
menggunakan tiga alur yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan 
kesimpulan. 
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bagaimana Keadaan 
Keagamaan Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo: Keadaan Keagamaan disekolah 
sudah baik karena Kepala Sekolah maupun Guru Pendidikan Agama Islam 
membuat program-program untuk meningkatkan perilaku Akhlak mulia pada 
peserta didik, 2) Apa Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan 
Keagamaan Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo, a) Melakukan 
pelaksanaan Sholat berjama’ah b) melakukan Pembacaan al-Qur’an, c) 
Mengadakan Jum’at sedekah, d) mengadakan tahfidz al-Qur’an, lomba Tilawah 
dan Lomba Bunga Male d) Melakukan program Amaliyah Ramadhan, e) 
Melalakukan dzikir bersama, 3) Apa hambatan Guru Pendidikan Agama Islam 
Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo: a) musholla yang digunakan terlalu kecil, b) 
tidak adanya tempat wudhu khusus yang lebih tertutup, c) tempat mushollah 
kurang memadai, d) kurangnya buku pelajaran Agama Islam. 4) Apa Solusi Guru 
Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan peserta didik kelas VIII 
xxv 
SMP Negeri 8 Palopo: a) Memotivasi peserta didik melalui pengarahan, b) 
Melakukan Pendekatan, c) Membimbing peserta didik merubah kebiasaan 
buruknya di Sekolah, d) mendoakan Peserta didik untuk diberikan hidayah 
kepadanya dan dilunakkan hatinya, f) mengedukasikan peserta didik untuk pandai 
dalam memilih teman yang baik. 
Kata kunci : Upaya, Guru PAI, Pembinaan Keagamaan Peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 15 Aug 2023 00:38 | 
| Last Modified: | 15 Aug 2023 00:38 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7076 | 
