UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

HENNI, HENNI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HENNI.pdf] Text
HENNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Henni, 2022 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan
Keagamaan peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Hj.
Fauziah Zainuddin, M.Ag. dan Sudirman S. Ag., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Pembinaan Keagamaan Peserta didik kels VIII SMP Negeri 8 Palopo.
Adapun tujuan penelitian: 1) Untuk mengungkapkan keadaan Keagamaan Peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo, 2) Untuk mengungkapkan Upaya Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan Peserta didik kelas VIII
SMP Negeri 8 Palopo, 3) Untuk mengungkapkan hambatan dan solusi Guru
pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumplan data wawancara, observasi, dan
Dokumentasi, adapun seubjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru
Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo,
pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi dan teknik analisis data
menggunakan tiga alur yaitu: Reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Bagaimana Keadaan
Keagamaan Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo: Keadaan Keagamaan disekolah
sudah baik karena Kepala Sekolah maupun Guru Pendidikan Agama Islam
membuat program-program untuk meningkatkan perilaku Akhlak mulia pada
peserta didik, 2) Apa Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan
Keagamaan Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo, a) Melakukan
pelaksanaan Sholat berjama’ah b) melakukan Pembacaan al-Qur’an, c)
Mengadakan Jum’at sedekah, d) mengadakan tahfidz al-Qur’an, lomba Tilawah
dan Lomba Bunga Male d) Melakukan program Amaliyah Ramadhan, e)
Melalakukan dzikir bersama, 3) Apa hambatan Guru Pendidikan Agama Islam
Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo: a) musholla yang digunakan terlalu kecil, b)
tidak adanya tempat wudhu khusus yang lebih tertutup, c) tempat mushollah
kurang memadai, d) kurangnya buku pelajaran Agama Islam. 4) Apa Solusi Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keagamaan peserta didik kelas VIII
xxv
SMP Negeri 8 Palopo: a) Memotivasi peserta didik melalui pengarahan, b)
Melakukan Pendekatan, c) Membimbing peserta didik merubah kebiasaan
buruknya di Sekolah, d) mendoakan Peserta didik untuk diberikan hidayah
kepadanya dan dilunakkan hatinya, f) mengedukasikan peserta didik untuk pandai
dalam memilih teman yang baik.
Kata kunci : Upaya, Guru PAI, Pembinaan Keagamaan Peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:38
Last Modified: 15 Aug 2023 00:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7076

Actions (login required)

View Item View Item