STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS HOTS DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA (UMI) KOTA MAKASSAR

EDY, KHAIRUNNISA (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS HOTS DI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA (UMI) KOTA MAKASSAR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of KHAIRUNNISA EDY.pdf] Text
KHAIRUNNISA EDY.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Khairunnisa Edy, 2023. “Strategi Pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam
Berbasis HOTS di Fakultas Agama Islam Universitas Muslim
Indonesia (UMI) Kota Makassar”. Tesis Program Pascasarjana
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Baderiah dan A. Riawarda.
Tesis ini membahas tentang strategi pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam yang
digunakan oleh dosen dan penerapan strategi pembelajaran berbasis HOTS (high
order thinking skill) di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muslim
Indonesia (UMI) Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan
rumusan masalah yaitu (1) bagaimana strategi pembelajaran Sejarah Pendidikan
Islam di program studi Pendidikan Agama Islam, (2) bagaimana strategi
pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam berbasis HOTS di program studi
Pendidikan Agama Islam dan (3) apa hambatan yang dihadapi oleh dosen dalam
proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam di program studi Pendidikan Agama
Islam.
Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui metode wawancara, observasi
dan dokumentasi, analisis data menggunakan triangulasi, pelaksanaan kegiatan,
kegiatan yang dilakukan serta implementasi HOTS dan observasi pembelajaran
secara langsung di kelas Pendidikan Agama Islam A1, A2 dan B1 yang kemudian
dilakukan analisis data dari buku maupun jurnal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran yang digunakan
dalam menarik minat mahasiswa dalam mempelajari Sejarah Pendidikan Islam di
Program Studi Pendidikan Agama Islam UMI yaitu melalui HOTS. Selain itu dalam
proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam tersebut mahasiswa dituntut agar
bisa memiliki kecakapan komunikasi yang baik dalam proses pembelajaran,
kolaborasi yang baik dan kreatifitas yang harus terus ditingkatkan, di dalam kelas
PAI A1, A2 dan B1 dosen menerapkan strategi pembelajaran aktif, kooperatif,
kontruksivistik, problem solving, terpadu, CTL dan strategi lingkungan, adapun
beberapa orang masih kurang aktif namun proses diskusi masih tetap didominasi
oleh mahasiswa yang aktif dan proses pembelajaran berjalan dengan baik.Pada
proses pembelajaran Sejarah Pendidikan Islam dalam mengajar sejarah terdapat
hambatan yang dirasakan oleh dosen yaitu ada beberapa mahasiswa yang ragu dan
kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat serta masih minimnya literatur
yang digunakan dalam mencari materi Sejarah Pendidikan Islam.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Sejarah Pendidikan Islam, Berbasis HOTS

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Aug 2023 00:05
Last Modified: 16 Aug 2023 00:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item