ANALISIS KINERJA GURU MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 LUWU

TAHIR, YULIA (2023) ANALISIS KINERJA GURU MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 15 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of YULIA TAHIR.pdf] Text
YULIA TAHIR.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Yulia Tahir, 2023. “Peningkatan Kinerja Guru melalui Penguatan Supervisi
Akademik diSMA Negeri 15 Luwu”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
H. Alauddin, dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Kinerja Guru melalui Penguatan
Supervisi Akademik di SMA Negeri 15 Luwu. Rumusan massalah (1).
Bagaimanakah peningkatan kinerja guru melalui penguatan supevisi akademik di
SMA Negeri 15 Luwu, (2) Bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik di SMA
Negeri 15 Luwu, (3) Hambatan dalam pelaksanaan supervisi akademik di SMA
Negeri 15 Luwu. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah
peningkatan kinerja guru melalui penguatan supervisi akademik, serta ingi
mengetahui bagaimanakah pelaksanaan supervisi akademik dan juga hambatan
dalam pelaksanaan supervisi akademik.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian ini
menggunakan pedoman observasi/catatan lapangan, pedoman wawancara, dan
format dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru di SMA
Negeri 15 Luwu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Supervisi akademik oleh kepala
sekolah SMA Negeri 15 Luwu dilakukan melalui tiga langkah yaitu: (1)
Perencanaan; (2) Pelaksanaan; dan (3) Tindak Lanjut. Dalam pelaksanaannya
kepala sekolah telah menggunakan teknik kunjungan kelas, observasi kelas dan
supervisi pembelajaran melalui rapat dan melakukan pendekatan langsung dan
tidak langsung sebagai bentuk refleksi dari hasil supervisi. (2) Penilaian kinerja
guru SMA Negeri 15 Luwu dari tahun 2021 sampai tahun 2022 menunjukkan
bahwa kinerja guru tidak mengalami perubahan yang signifikan meskipun dalam
pelaksanaan supervisi akademik sudah berjalan dengan baik.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Penilaian Kinerja, Supervisi Akademik

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Aug 2023 00:31
Last Modified: 16 Aug 2023 00:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item