UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIAH MELALUI FLASHCARD HURUF HIJAIAH DI TK MUHAMMADIYAH SAGA KABUPATEN LUWU

SALMI, SALMI (2023) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIAH MELALUI FLASHCARD HURUF HIJAIAH DI TK MUHAMMADIYAH SAGA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SALMI.pdf] Text
SALMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Salmi, 2023. “ Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiah melalui
Flashcard huruf hijaiah di TK Muhammadiyah Saga Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Dr. Munir Yusuf dan Pertiwi Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang upaya peningkatan kemampuan mengenal
huruf hijaiah melalui Flashcard huruf hijaiah di TK Muhammadiyah Saga
Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta
didik dalam mengenal huruf hijaiah pada anak usia 5-6 tahun melalui Flashcard
huruf hijaiah serta apakah dengan menggunakan Flashcard huruf hijaiah efektif
dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiah peserta didik di TK
Muhammadiyah Saga Kabupaten Luwu. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang terdiri
dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah 12
orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan
mengenal huruf hijaiah melalui Flashcard huruf hijaiah yang dilakukan di
kelompok B TK Muhammadiyah Saga yaitu sebelum diadakan tindakan/pra siklus
kemampuan mengenal huruf hijaiah dinyatakan belum berkembang sebesar
37,5%, mulai berkembang 25%, berkembang sesuai harapan sebesar 12,5%,
berkembang sangat baik sebesar 0%. Pada siklus I dinyatakan belum berkembang
sebesar 12,5%, mulai berkembang 31,25%, berkembang sesuai harapan sebesar
18,75%, berkembang sangat baik sebesar 12,5%. Pada siklus II terjadi
peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiah dinyatakan belum berkembang
sebesar 16,6%, mulai berkembang 6,25%, berkembang sesuai harapan 12,5%, dan
berkembang sangat baik sebesar 62,5% Dari hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengenal huruf
hijaiah melalui Flashcard huruf hijaiah.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiah, Flashcard Huruf hijaiah.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Aug 2023 00:56
Last Modified: 16 Aug 2023 00:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7094

Actions (login required)

View Item View Item