ST. MARYAM, ST. MARYAM (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PASCA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ST. MARYAM.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
St. Maryam, 2023, “Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Pasca Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh H. Hisban Thaha dan Hj. Nursaeni.
Skripsi ini membahas tentang strategi guru dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pasca pandemi Covid-19 di Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui
strategi guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti masa
pandemi Covid-19 SMK Negeri 2 Palopo; Untuk mengetahui strategi guru dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pasca pandemi Covid�19 di SMK Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dekskriptif
dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan
metode triangulasi dalam teknik pengumpulan data (wawancara, observasi dan
dokumentasi). Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan cara : kondensasi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi guru dalam
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri
2 Palopo untuk siswa yang memiliki kendala selama belajar daring dilakukan
dengan cara pemberian modul siswa untuk belajar mandiri, memanggil siswa
untuk belajar di tempat guru PAI serta guru PAI mendatangi rumah siswa secara
satu persatu untuk mengatasi permasalahan pembelajaran. 2) Strategi guru dalam
pembelajaran PAI dan Budi Pekerti pasca pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2
Palopo minat belajar siswanya menurun, guru PAI menggunakan metode ceramah
dan tanya jawab diselingi dengan candaan agar lebih menarik serta melakukan
pembiasaan kepada siswa dengan mengajak ke Musholla sekolah untuk belajar
dan merutinkan salat dhuha sebagai pembiasaan.
Kata Kunci : Strategi Guru, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti, Pasca Pandemi Covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 01:53 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 01:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7116 |
Actions (login required)
View Item |