PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN SOFTWARE SWISH MAX4

MULIATI, MULIATI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN SOFTWARE SWISH MAX4. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Bismillah Skripsi Muliati.pdf] Text
Bismillah Skripsi Muliati.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Muliati, 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Model
Flipped Classroom Berbantuan Software Swish Max4”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Rosdiana
dan Dwi Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
interaktif dengan model flipped classroom berbantuan software swish max4.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas
dari produk ini.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima
tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan
(development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 SMP Negeri 1 Belopa. Instrumen yang
digunakan yaitu lembar validasi untuk ahli materi dan media, angket praktikalitas
untuk guru dan siswa, serta lembar soal pretest-posttest siswa untuk mengetahui
keefektifan pada penggunaan produk dalam proses pembelajaran. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif.
Hasil penilaian berdasarkan validasi materi diperoleh skor persentase
92 5% dengan kategori “sangat valid” Hasil dari ahli media/desain diperoleh skor
persentase 79 37% dengan kategori “valid” Hasil praktikalitas dari guru diperoleh
skor 83 33% dengan kategori “sangat praktis” dan tingkat praktikalitas oleh siswa
diperoleh skor 78 23% dengan kategori “praktis” Berdasarkan hasil analisis
pretest-posttest diperoleh bahwa rata-rata perolehan nilai N-gain sebesar 61,93%
dengan kategori “sedang” Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran interaktif dengan model flipped classroom berbantuan
software swish max4 valid, praktis dan efektif digunakan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Flipped Classroom, Software Swish
Max4.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:39
Last Modified: 22 Aug 2023 02:39
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item View Item