STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 PALOPO

MARIYANA, MARIYANA (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MARIYANA.pdf] Text
MARIYANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
MARIYANA, 2022. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Nilai-Nilai Religius Peserta Didik di
SMP Negeri 4 Palopo.” Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Dr. Hj. St Marwiyah, M.Ag. dan
Mawardi, S.Ag., M.Pd.I
Skripsi ini membahas tentang strategi guru pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan nilai-nilai religius peserta didik di SMP Negeri 4 Palopo. Penelitian
ini bertujuan: 1) untuk mengetahui strategi yang digunakan guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai religius peserta didik di SMP 4
Palopo, 2) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai religius peserta didik di SMP Negeri
4 Palopo serta solusinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penilitian
kualitatif yang menggambarkan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Langkah selanjutnya adalah teknik analisis data dengan
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk
melakukan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai religius peserta didik di SMP Negeri
4 Palopo adalah strategi ekspositori yang diwujudkan menggunakan metode
pembiasaan dan kedisiplinan, 2) kendala-kendala yang dihadapi guru pendidikan
agama Islam dalam meningkatkan nilai-nilai religius peserta didik yaitu kenakalan
peserta didik, latar belakang peserta didik, banyaknya peserta didik yang tidak
bisa baca al-Quran dan ketidak kompakan guru-guru dalam menghadapi peserta
didik serta kurangnya alokasi jam mata pelajaran pendidikan agama Islam adapun
solusinya menerapkan peraturan didalam kelas, memberikan tugas hafalan al�Quran serta memaksimalkan jam mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Nilai-Nilai Religius, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Aug 2023 23:49
Last Modified: 23 Aug 2023 23:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7130

Actions (login required)

View Item View Item