PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI SUBTEMA SIKLUS AIR KELAS V SDN 068 MANGANAN KECAMATAN RONGKONG

ALFAYAT, DODI (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI SUBTEMA SIKLUS AIR KELAS V SDN 068 MANGANAN KECAMATAN RONGKONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DODI ALFAYAT.pdf] Text
DODI ALFAYAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dodi Alfayat, 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Tema Siklus
Air Kelas V SDN 068 Manganan Kec. Rongkong”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K.
dan Nilam Permatasari.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan video pembelajaran animasi
tema siklus air. Bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, untuk
mengetahui hasil pengembangan, untuk mengetahui hasil validitas, dan untuk
mengetahui kepraktisan video pembelajaran animasi.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and
Development (R&D). Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analyse, design, development,
implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu
wawancara guru dan angket siswa. Sumber belajar yang telah dibuat selanjutnya
divalidasi oleh 3 validator di antanya: validator media, validator bahasa, dan
validator materi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan
analisis data kuantitatif.
Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah peneliti dapatkan bahwa siswa di
SDN 068 Manganan membutuhkan video pembelajaran animasi. Produk yang
dikembangkan pada penelitian ini berupa video pembelajaran animasi yang dibuat
dengann menggunakan aplikasi edit video yaitu premier pro. Setelah video selesai
didesain dilakukan validasi produk, didapatkan hasil dari ahli materi 90%, ahli
bahasa 80,55%, dan ahli desain 82,5%. Setelah dihitung nilai keseluruhannya
diperoleh data sebesar 84,48% dikategorikan sangat valid. Setelah tervalidasi
selanjutnya peneliti memberikan kepraktisan kepada siswa dan diperoleh yaitu
data sebesar 87,15% dikategorikan sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa video pembelajaran animasi sudah sangat praktis untuk digunakan pada
peserta didik kelas V di SDN 068 Manganan. Dapat disimpulkan dengan adanya
video pembelajaran animasi ini dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar
peserta didik.
Kata kunci: Animasi, Siklus Air, Video pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:05
Last Modified: 24 Aug 2023 07:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7137

Actions (login required)

View Item View Item