MISDAWATI, MISDAWATI (2023) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS GAME BASED LEARNING DI KELAS IV MI DATOK SULAIMAN BAGIAN PUTRA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI MISDA (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Misdawati, 2023. “Pengembangan Modul Digital Berbasis Game Based Learning
di Kelas IV MI Datok Sulaiman Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Baderiah dan Firman.
Pengembangan modul digital berbasis game based learning merupakan
salah satu inovasi baru dalam pengembangan modul pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, validitas, dan praktikalitas
modul digital berbasis game based learning pada materi jenis-jenis pekerjaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development). Pengembangan produk menggunakan model pengembangan
ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap
perancangan, (3) tahap pengembangan, (4) tahap implementasi, (5) Evaluasi.
Penelitian dilakukan di sekolah MI Datok Sulaiman Kota Palopo. Adapun subjek
penelitian yakni peserta didik kelas IV B MI Datok Sulaiman Palopo yang
berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,
observasi, wawancara guru, angket siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data
pada penelitian ini menggabungkan dua jenis pendekatan penelitian yaitu kualitatif
dan kuantitaif.
Modul yang telah dikembangkan divalidasi oleh 3 validator diantaranya:
validator ahli media, validator ahli bahasa, validator ahli materi. Hasil validasi
produk dari validator ahli materi 98,52% dengan kriteria “Sangat Valid”, nilai dari
validator ahli media 94,64% dengan kriteria “Sangat Valid”, nilai dari ahli Bahasa
87,50% dengan kriteria ‘’Sangat Valid’’. Menghitung nilai keseluruhan dari ketiga
validator maka diperoleh presentase data sebesar 94,87% kriteria sangat valid.
Kepraktisan modul digital berbasisi game based learning memperoleh 84,79%
kategori sangat praktis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul digital berbasis
game based learning menjadi alternatif efektif, menarik, interaktif yang dapat
meningkatkan motivasi dan keterlibatan peningkatan pemahaman konsep
pengembangan keterampilan kognitif.
Kata Kunci: Modul Digital, Game Based Learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 01:08 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 01:08 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7145 |
Actions (login required)
View Item |