Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prilaku Kerja Guru di UPT SMA Negeri Se-Kota Palopo

RAMLAH, RAMLAH (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prilaku Kerja Guru di UPT SMA Negeri Se-Kota Palopo. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RAMLAH.pdf] Text
RAMLAH.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Ramlah, 2023 “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah terhadap Perilaku Kerja Guru di UPT SMA Negeri se-Kota
Palopo”. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Prof. Dr. H.
Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd., dan Dr. Hilal Mahmud, M.M.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perilaku kerja guru pada lembaga
pendidikan yang mana perilaku kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru itu
sendiri. Pendidikan yang berlangsung sekarang ini merupakan pemulihan dari
dampak pendidikan yang dilakukan melalui tatap muka secara terbatas akibat
paparan Covid-19. Kepala sekolah sebagai pemimpin lembaga pendidikan untuk
memulihkan pendidikan membutuhkan kecerdasan emosional dan keektifan
kepemimpinan dalam menumbuhkan perilaku kerja guru lebih yang baik. Selain
itu, guru juga dituntut untuk memberikan perilaku kerja yang baik dalam
membantu pemulihan pendidikan tersebut. Tesis ini membahas tentang Pengaruh
Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam menumbuhkan
Perilaku Kerja Guru di UPT SMA Negeri se-Kota Palopo. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku
kerja guru di UPT SMA Negeri se-Kota Palopo; Untuk mengetahui pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah terhadap perilaku kerja guru di UPT SMA Negeri
se-Kota Palopo; Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan
kepemimpinan kepala sekolah terhadap perilaku kerja guru di UPT SMA Negeri
se-Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain
ekspost facto kausal. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif
yang menggunakan populasi atau sampel tertentu, populasinya adalah guru-guru
yang ada pada SMA Negeri se-Kota Palopo. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik probability sampling dan random sampling. Sampel yang
digunakan sebanyak 77 guru di SMA Negeri se-Kota Palopo. Tehnik
pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan skala likert, dan
analisis data bersifat kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan
Kecerdasan Emosional (X1) terhadap Perilaku Kerja Guru (Y), sebesar 21,9%.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2)
terhadap Perilaku Kerja Guru (Y), sebesar 54,3%. Terdapat pengaruh secara
simultan (bersam-sama) Kecerdasan Emosional (X1) dan Kepemimpinan Kepala
Sekolah (X2) terhadap Perilaku Kerja Guru (Y), sebesar 56,6%. Hasil penelitian
xvi
ini menunjukkan bahwa, semakin baik tingkat kecerdasan emosional dan
keektifan kepemimpinan kepala sekolah dalam memengaruhi guru maka semakin
baik perilaku kerja guru dalam menyelesaikan tugas dan fungsinya sebagai
pendidik di sekolah.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Perilaku
Kerja Guru.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 29 Aug 2023 06:40
Last Modified: 29 Aug 2023 06:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item View Item