PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALOPO

JUMRIAH, JUMRIAH (2019) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of KASET JUMRIAH.pdf] Text
KASET JUMRIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
JUMRIAH, 2018. “Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XI SMA Negeri 3
Palopo”. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing I,
Dra.Baderiah, M.Ag. Dan Pembimbing II, Dr.Hj.Fauziah Zainuddin,
M.Ag.
Kata Kunci, Variasi Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar PAI
Penelitian ini bertujuan: a. untuk mengetahui variasi gaya mengajar guru
siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palopo, b. untuk mengetahui motivasi belajar PAI
siswa kelas XI SMA Negeri 3 Palopo, c. untuk mengetahui adakah pengaruh
variasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa kelas
XI SMA Negeri 3 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausal.
Adapun jumlah populasi dalam penilitian ini adalah 227 siswa dengan
pengambilan menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan
teknik simple random sampling ditetapkan 69 responden. Instrumen penelitian ini
menggunakan observasi, angket dan dokumentasi, Sedangkan teknik analisis
statistic yang digunakan untuk mengolah data hasil, yakni analisis statistik
deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan persamaan regresi
berganda = Y= a+ b dengan menggunakan bantuan program SPSS ver 22 for
windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi gaya mengajar guru diperoleh
rata-rata 78.7391. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel variasi
gaya mengajar guru dalam kategori cukup baik yaitu pada interval 71-80. Hasil
analisis tentang motivasi belajar PAI diperoleh rata-rata 86.6232. Dari nilai rata-
rata tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel tentang motivasi belajar PAI
dalam kategori sangat baik yaitu pada interval 91-100. Dari hasil pengujian
signifikansi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variasi gaya mengajar guru
dalam meningkatkan motivasi belajar PAI. Dan koefisien determinasi atau R-
square sebesar 0,534. Ini berarti bahwa 53% motivasi belajar siswa dipengaruhi
oleh variasi gaya mengajar guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:36
Last Modified: 30 Aug 2023 02:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7154

Actions (login required)

View Item View Item