RISNA K, RISNA K (2023) INOVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 38 JAMBU KECAMATAN BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Risna K, kaset skripsi.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Risna K, 2022. “ Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 38 Jambu Kec. Bajo Kab.Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Dra. Hj. Nursyamsi, M. Pd. I. dan Tasdin Tahrim, S. Pd., M. Pd.
Skripsi ini membahas tentang Inovasi guru Pendidikan agama Islam dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui
inovasi guru pendidikan agama Islam dalam memberikan motivasi belajar siswa di
SD Negeri 38 Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. 2) Mengetahui kendala
guru pendidikan agama Islam dalam memberikan motivasi belajar siswa di SD
Negeri 38 jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu. 3) Mengetahui solusi dalam
mengatasi kendala guru pendidikan agama Islam dalam memberikan motivasi
belajar siswa di SD Negeri 38 Jambu Kecamatan Bajo Kabupaten Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun lokasi penelitian di SD Negeri 38 Jambu Kecamatan Bajo
Kabupaten Luwu, waktu penelitian 4 oktober 2022. Teknik analisis yang digunakan
adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Inovasi guru Pendidikan agama
Islam dalam memberikan motivasi belajar siswa itu sudah dilakukan inovasi yang
baru, dapat dilihat dari beberapa metode yang sudah pernah digunakan namun
dibuat lebih menarik dengan menggunakan variasi yang baru. 2) Kendala Guru
Pendidikan agama Islam dalam memberikan motivasi belajar siswa, salah satunya
itu terdapat pada sikap dan kepribadian siswa yang diamana saat proses
pembelajaran berlangsung masih terdapat siswa yang ribut, nakal dan malas belajar
hal ini berpengaruh pada kurangnya motivasi belajar siswa. 3) Solusi dalam
mengatasi kendala guru Pendidikan agama Islam dalam memberikan motivasi
belajar siswa adalah melakukan pendekatan yang baik kepada siswa dan
menginovasi metode pembelajaran agar menjadi lebih menarik.
Kata Kunci : Inovasi, Guru Pendidikan agama Islam, Motivasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 07:25 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 07:25 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7162 |
Actions (login required)
View Item |