RAHMA, PAJRIYA (2023) PENGEMBANGAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK MELALUI PROGRAM PELATIHAN APLIKASI CLASSPOINT (STUDI KASUS DI UPT SDN 194 WAELAWI). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
PAJRIYA RAHMA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pajriya Rahma, 2023.“Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik Melalui
Program Pelatihan Aplikasi Classpoin Studi Kasus di
UPT SDN 194 Waelawi”, Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hilal Mahmud dan Ali Nahruddin
Tanal.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Kompetensi Tenaga
Pendidik Melalui Program Pelatihan Aplikasi Classpoint Studi Kasus di UPT
SDN 194 Waelawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pelaksanaan program pelatihan tenaga pendidik aplikasi classpoint di UPT SDN
194 Waelawi, penerapan aplikasi classpoint dalam pembelajaran di UPT SDN
194 Waelawi dan untuk mengetahui apa dampak dari penerapan aplikasi
classpoint di UPT SDN 194 Waelawi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari
Tenaga Pendidik. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan
alat dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pelatihan
aplikasi classpoint diikuti oleh tenaga pendidik secara online, dengan
menggunakan metode presentasi, online learning dan peragaan. Kendala yang
dialami adalah jaringan internet yang buruk serta kurangnya penguasaan teknologi
pada tenaga pendidik. Penerapan aplikasi classpoint dalam pembelajaran melalui
online dengan cara membuat soal pilihan ganda (Multiple Choice) atau fitur tanya
jawab (word cloud), melalui link whatsapp dan zoom. Penilaian pembelajaran
dalam Aplikasi classpoint masih manual. Dampak dari program pelatihan aplikasi
classpoint yaitu: (1) Dampak pedagogik berupa rancangan dan pengelolaan
pembelajaran yang beragam, menyenangkan serta menambah wawasan baru
dalam mengatur strategi pembelajaran; (2) Dampak Profesional yaitu guru
memahami keadaan dan situasi dalam keadaan apupun yang dapat berubah-ubah
sehingga guru melakukan tugasnya sebagai seorang guru secara maksimal.
Kata Kunci : Kompetensi, Tenaga Pendidik, Program Pelatihan, Aplikasi
Classpoint
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 00:09 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 00:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7164 |
Actions (login required)
View Item |