STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P WARUNG KOPI SAMPING RUMAH (KOPSUM) DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

MAWADDAH. R, CAHYANTI (2022) STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P WARUNG KOPI SAMPING RUMAH (KOPSUM) DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of CAHYANTI MAWADDAH. R.pdf] Text
CAHYANTI MAWADDAH. R.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Cahyanti Mawaddah. R, 2022.“Strategi Bauran Pemasaran 4P Warung Kopi
Samping Rumah (Kopsum) Dalam Mempertahankan
Usaha Di Tengah Pandemi Covid-19”. Skripsi
program studi manajemen bisnis syariah fakultas
ekonomi dan bisnis islaminstitut agama islam negri
palopo. Dibimbing oleh Dr. Mahadin Shaleh, M.Si.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran 4P Warung Kopi Samping
Rumah(Kopsum) dalam Mempertahankan Usaha di tengah pandemi Covid-19.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kedala yang dihadapi kopsum dalam
menerapkan strategi pemasaran 4P agar mampu bertahan di tengah pandemi
Covid-19.
Dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder dan
teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan
langsung ke UMKM warkop Kopsum untuk melakukan wawancara pribadi
dengan Owner Arfan.
Penulis menyimpulkan bahwa ada beberapa pembahasan yaitu strategi, kendala,
dan solusi.Strategi yang dilakukan Kopsum yaitu bauran pemasaran 4P (product,
promotion, price, dan place).Strategi product berupa inovasi menu makanan,
strategi priceyaitu dengan menawarkan harga yang relatif murah serta pas dengan
kantong pelajar dan mahasiswa, strategi promotion berupa kualitas produk yang
tetap dijaga serta penyediaan tempat yang nyaman bagi pengunjungnya, dan
strategi place berupa fleksibelitas dalam pengiriman produk, serta lokasinya yang
mudah dijangkau konsumen. Meskipun ada kendala dalam keuangan dan bahan
baku tetapi Kopsum masih bisa menemukan alternatifnya yaitu dengan mengelola
keuangan dan menggunakan bahan baku secara efisien. Kemudian solusi UMKM
warkop Kopsum dalam menghadapi Covid-19 adalaha dengan menjaga cashflow,
inovasi produk, memaksimalkan media sosial dan memaksimalkan layanan antar
atau delivery.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Covid-19, Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:13
Last Modified: 04 Sep 2023 00:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item