ASWALUDDIN, ASWALUDDIN (2023) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KITAB KLASIK DI PONDOK PESANTREN NURUL JUNAIDIYAH LAUWO KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ASWALUDDIN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Aswaluddin, 2023. Analisis Model Pembelajaran Kitab Klasik di Pondok
Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau
Kabupaten Luwu Timur, pada program Pascasarajana
Pendidikan Agama slam, Institut Agama Islam Negeri Palopo,
Pembimbing I, Dr. H. Haris Kulle, Lc., M.Ag., dan
Pembimbing II, Dr. Hj. Fauziah Zainuddin, M.Ag.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui analisis model pembelajaran
kitab klasik di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau
Kabupaten Luwu Timur. 2) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah model
pembelajaran kitab klasik dikembangkan di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah
Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. 3) Untuk mengetahui kendala
dan solusi dari analisis model pembelajaran kitab klasik di Pondok Pesantren
Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dimaksudkan untuk mengangkat fakta, keadaan, variabel, dan fenomena�fenomena yang terjadi. Pendekatan penelitian ini adalah pedagogis psikologis
sosiologis Sumber data yang dipakai adalah data primer dan data sekunder.
Teknik dan instrumen pengunpulan data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Model pembelajaran kitab
klasik di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau
Kabupaten Luwu Timur yaitu model pembelajaran Kitab Klasik adalah untuk
pencapaian ketuntasan belajar secara sistematis. Standar kompetensi atau
kompetensi dasar yang ingin dicapai pada tahap awal adalah penguatan terhadap
ilmu dasar, yaitu ilmu nahwu dan sharaf. Selanjutnya, santri diharapkan sudah
siap mempelajari kitab berbahasa arab tanpa harakat. Materi yang pokok yang
dipelajari adalah ilmu-ilmu fardhu ain, yaitu ilmu tauhid, fiqih dan akhlak. 2)
Langkah-langkah model pembelajaran kitab klasik dikembangkan di Pondok
Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur
yaitu perencanaan, pelaksanaan pembelajaran. 3) Kendala dan solusi dari model
analisis pembelajaran kitab klasik di Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo
Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur. Adapun kendala yaitu kurangnya
kaderisasi tenaga, kurangnya dana pesantren, usaha pengembangan pesantren,
tidak memiliki kurikulum yang baku dan kurangnya sarana dan prasarana.
Sedangkan solusinya adalah memperbanyak kader tenaga pengajar, menggaet para
alumni dan memiliki usaha operasional
Kata Kunci : Model Pembelajaran dan Kitab Klasik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 00:04 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 00:04 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7177 |
Actions (login required)
View Item |