HARIAWAN, HARIAWAN (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEMA V PAHLAWANKU KELAS IV SD O37 BARANAE KEC. BAEBUNTA KAB. LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI HARIAWAN PGMI ANGAKATAN 2019.pdf Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hariawan, 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Kearifan Lokal
pada Tema V Pahlawanku Kelas IV SD 037 Baranae Kec. Baebunta
Kab. Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Abdul Pirol dan Salmilah.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan bahan ajar
interaktif berbasis kearifan lokal pada tema V Pahlawanku kelas IV SD 037
Baranae yang dikembangkan; 2) Untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar
interaktif berbasis kearifan lokal pada tema V Pahlawanku kelas IV SD 037
Baranae yang dikembangkan; 3) Untuk mengetahui hasil validitas bahan ajar
interaktif berbasis kearifan lokal pada tema V Pahlawanku kelas IV SD 037
Baranae yang dikembangkan; dan 4) Untuk mengetahui hasil praktikalitas bahan
ajar interaktif berbasis kearifan lokal pada tema V Pahlawanku Kelas IV SD 037
Baranae yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan jenis penelitian R&D
(Research and Development) dengan model pengembangan 4D (define, design,
develop, dan disseminate). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 037 Baranae.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar interaktif dengan format
presentasi yang berisi materi pahlawanku yang diintegrasikan dengan pahlawan
daerah yang dapat digunakan secara interaktif oleh guru dikelas dengan bantuan
perangkat komputer dan proyektor. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan pemberian angket kepada pendidik dan peserta
didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar interaktif yang divalidasi
oleh 3 orang ahli, yaitu ahli materi dengan nilai 88,63% (kategori layak), ahli
bahasa dengan nilai 95,83% (kategori sangat layak), dan ahli media pembelajaran
dengan nilai 90% (kategori sangat layak), persentase rata-rata nilai dari ketiga
validator sebesar 91,48% (sangat layak). Untuk uji praktikalitas diperoleh hasil
dari peserta didik sebesar 99,73% dan dari pendidik sebesar 91.25%, keduanya
memenuhi kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang
dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka produk yang
dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran di
sekolah. Peneliti berharap produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai
alternatif bahan ajar yang memuat materi tentang pahlawan yang berasal dari Tana
Luwu sehingga peserta didik dapat lebih mengenal pahlawan yang berasal dari
Tana Luwu.
Kata kunci: Bahan Ajar, Interaktif, Kearifan Lokal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 02:27 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 02:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7181 |
Actions (login required)
View Item |