PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PALOPO

WITRIANI, WITRIANI (2023) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of WITRIANI SKRIPSI.pdf] Text
WITRIANI SKRIPSI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Witriani, 2023, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan
Aplikasi Quizizz pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5
Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakutas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh (1) Dr. Hj. St. Marwiyah, M.Ag. (II) Dr. Dodi
Ilham., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan alat evaluasi pembelajaran
menggunakan aplikasi Quizizz pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan
budi pekerti kelas VII di SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui cara mengembangkan alat evaluasi pembelajaran dengan aplikasi
Quizizz pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII,
dan untuk mengetahui validitas alat evaluasi pembelajaran dengan aplikasi Quizizz
pada konsep kisah hijrah Rasulullah saw. ke kota Madinah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research &
Development) dengan model pengembangan 4-D (Four-D) yang terdiri dari empat
tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan)
dan disseminate (penyebaran). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik. Data
pada penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara analisis kebutuhan, validasi
produk oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran PAI, angket respon peserta
didik, dan analisis butir soal. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi
dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis pada penelitian ini menggunakan
teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data dalam penelitian ini
diperoleh (1) Aplikasi Quizizz layak digunakan sebagai alat evaluasi pembelajaran
pendidikan agama Islam konsep kisah hujrah Rasulullah saw. ke kota Madinah
berdasarkan penilaian dari ahli materi sebesar 98, 1 % dengan kategori sangat layak,
ahli media sebesar 85 % dengan kategori sangat layak, penilaian angket respon guru
mata pelajaran sebesar 97,5 % dengan kategori sangat layak, dan angket respon
peserta didik sebesar 90,0 % dengan kategori sangat praktis, (2) dapat disimpulkan
bahwa aplikasi Quizizz layak dan baik digunakan sebagai alat evaluasi berbasis
online dalam pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya pada konsep kisah
hijrah Rasulullah saw. ke kota Madinah.
Kata kunci: Evaluasi, Pendidikan Agama Islam, Quizizz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:32
Last Modified: 05 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7183

Actions (login required)

View Item View Item