PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA CAFE SOCIAL BARN DI KOTA PALOPO)

EDWIN, EDWIN (2022) PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA CAFE SOCIAL BARN DI KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of EDWIN.pdf] Text
EDWIN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Edwin, 2022. “Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen
Melalui Keputusan Pembelian Sebagai variabel intervening (Studi Kasus
Pada Cafe Social Barn Di Kota Palopo)”. Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Arsyad.
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap
Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai variabel intervening
(Studi Kasus Pada Cafe Social Barn Di Kota Palopo). Harga merupakan senilai
uangyang harus dibayarkan oleh konsumen kepada penjual untuk mendapatkan
barang atau jasa yang ingin dibelinya. Fasilitas adalah segala sesuatuyang dapat
memudahkan dan melancarkan pelaksanaan suatu usaha dan merupakan sarana
dan prasarana yang dibutuhkan dalam melakukan atau memperlancar suatu
kegiatan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara
harga terhadap kepuasan, pengaruh antara fasilitas terhadap kepuasan, pengaruh
harga dan fasilitas terhadap kepuasan, pengaruh harga terhadap kepuasan melalui
keputusan dan pengaruh antara fasilitas terhadap kepuasan melaluki keputusan.
Tipe penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan kuesioner kemudian di uji
menggunakan uji asumsi klasik, regrsi linear berganda dan analisis jalur. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara harga terhadap
kepuasan dilihat dari perbandingan t-hitung dengan t-tabel ( 1,883 > 1,661),
terdapat pengaruh antara fasilitas terhadap kepuasan dilihat dari perbandingan t�hitung dengan t-tabel ( 1,977 > 1,661), terdapat pengaruh yang simulutan antara
harga dan fasilitas terhadap kepuasan dilihat dari perbandingan antara F hitung
dan F tabel dengan nilai : 2,925 > 2,700, terdapat pengaruh tidak langsung antara
harga terhadap kepuasan melalui keputusan dilihat dari pengaruh langsung dari
harga sebesar 0,235 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,276, dan terdapat
pengaruh tidak langsung antara fasilitas terhadap kepuasan melalui keputusan
dilihat dari pengaruh langsung dari fasilitas sebesar 0,213 dan pengaruh tidak
langsung sebesar 0,231. Implikasi dari penelitian ini yaitu dengan adanya
kehadiran Cafe Sosial Barn ini mampu meningkatkan pendapatan yang ada di
kota Palopo, dan sangat diminati oleh banyak orang, karena tempat yang bagus
dan harga yang bersahabat. Selain menambah pendapatan daerah di Palopo
banyak juga dampak postif yang di alami oleh pihak kafe sendiri yaitu menambah
pemasukan di setiap bulannya.
Kata Kunci: Harga, Fasilitas, Kepuasan dan Keputusan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:08
Last Modified: 05 Sep 2023 03:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item View Item