PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 7 PALOPO

TAHWIL, NURUL ISMI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 7 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL ISMI TAHWIL.pdf] Text
NURUL ISMI TAHWIL.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Ismi Tahwil, 2023. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
Negeri (SMPN) 7 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Nurdin K. M.Pd dan Arifuddin
S.Pd.I., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri
(SMPN) 7 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui keterlaksanaan
model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Palopo; (2) Mengetahui aktivitas siswa
melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 7 Palopo; dan (3) Mengetahui
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa
di SMP Negeri 7 Palopo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap pada tiap
siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 7 Palopo tahun ajaran 2022/2023 yang
berjumlah 18 orang siswa yang terdiri dari 10 perempuan dan 8 laki-laki.
Instrumen penelitian meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,
lembar observasi siswa, lembar kerja siswa, dan soal tes. Teknik pengumpulan
data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; (1)
Terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif
tipe think pair share dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siklus I
mendapat nilai rata-rata 66,5 (83,125%) dan termasuk kategori baik, pada siklus II
meningkat dengan nilai rata-rata 73,5 (91,875%) dan termasuk kategori amat baik;
(2) Aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siklus I mendapat nilai rata�rata 32 (80%) dan termasuk kategori baik, pada siklus II meningkat dengan rata�rata 36 (90%) dan termasuk kategori amat baik; dan (3) Kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model
pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siklus I mendapat nilai rata�rata 74 dengan persentase ketuntasan 67%, dan pada siklus II meningkat dengan
nilai rata 84 dan persentase ketuntasan 89%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam,
Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Sep 2023 00:03
Last Modified: 06 Sep 2023 00:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7187

Actions (login required)

View Item View Item