EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 ANGKONA

RAHAYU, NURNANENGSY (2023) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 ANGKONA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURNANENGSY RAHAYU.pdf] Text
NURNANENGSY RAHAYU.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurnanengsy Rahayu, 2023. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Student Team
Heroic Leadership Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Angkona”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muh. Hajarul Aswad
dan Megasari.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas strategi pembelajaran student
team heroic leadership berbasis kontekstual terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VII SMP Negeri 3 Angkona. Penelitian ini bertujuan untuk:
mengetahui hasil belajar matematika siswa pada kelas VII SMP Negeri 3
Angkona sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran student team
heroic leadership berbasis kontekstual; untuk mengetahui apakah strategi
pembelajaran student team heroic leadership berbasis kontekstual efektif
meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif berupa penelitian eksperimen.
Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Angkona yang terdiri
dari 4 kelas dengan jumlah 115 siswa. Pengambilan sampel dipilih secara cluster
random sampling. Sampel yang digunakan hanya satu kelas dengan jumlah 29
orang siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi, data
kemudian diolah dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik
inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar matematika siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Angkona sebelum (pre-test) menggunakan strategi
pembelajaran student team heroic leadership berbasis kontekstual diperoleh rata�rata sebesar 39,41 yang dapat diklasifikasikan dalam kategori gagal. Hasil belajar
matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Angkona sesudah (post-test)
menggunakan strategi pembelajaran student team heroic leadership berbasis
kontekstual diperoleh rata-rata 78,24 yang dapat diklasifikasikan dalam kategori
baik sekali. Strategi pembelajaran student team heroic leadership berbasis
kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII
SMP Negeri 3 Angkona. Dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa
sesudah (post-test) menggunakan strategi pembelajaran student team heroic
leadership berbasis kontekstual lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil
belajar matematika sebelum (pre-test) menggunakan strategi student team heroic
leadership berbasis kontekstual.
Kata kunci: Efektivitas, Hasil belajar matematika, Kontekstual, Student Team
Heroic Leadership.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Sep 2023 00:26
Last Modified: 26 Sep 2023 06:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7238

Actions (login required)

View Item View Item