MANAJEMEN PENGEMBANGAN KARIR GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PALOPO

SUKRAN, SUKRAN (2023) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KARIR GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUKRAN.pdf] Text
SUKRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sukran, 2023.“Manajemen Pengembangan Karir Guru di Sekolah Menengah
Atas Negeri 4 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj. Nursaeni dan
Ali Nahruddin Tanal.
Skripsi ini membahas mengenai Manajemen Pengembangan Karir Guru di
SMA Negeri 4 Palopo. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui
seperti apa perencanaan pengembangan karir guru di SMA Negeri 4 Palopo;
Untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan karir guru di SMA Negeri 4
Palopo; dan Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam
proses pelaksanaan pengembangan karir guru di SMA Negeri 4 Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deksriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data
seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang
diambil adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek
penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakasek kurikulum dan juga guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan pengembangan
karir guru di SMA Negeri 4 Palopo dilakukan dengan mengadakan rapat internal
disetiap awal semester. Rapat internal ini membahas sekaitan dengan persyaratan
apa saja yang harus dipenuhi agar bisa naik pangkat atau golongan yang lebih
tinggi dari sebelumnya. 2) Pelaksanaan pengembangan karir guru dilakukan
berdasarkan penugasan, promosi, dan kenaikan pangkat. Penugasan diberikan
sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan konseling. Promosi
diberikan kepada guru karena dilihat dari prestasi dan dedikasi guru terhadap
sekolah. Kenaikan pangkat guru melalui beberapa tahapan yang harus dilalui
seperti mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB),
mengumpulkan angka kredit serta melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). (3)
Faktor penghambat dan pendukung dalam proses pelaksanaan pengembangan
karir guru di SMAN 4 Palopo yaitu faktor penghambatnya rendahnya motivasi
guru untuk mengurus kenaikan pangkat dan melanjudkan pendidikan, sedangkan
faktor pendukung, yaitu kualifikasi akademik guru, pengadaan pelatihan dan
pemberian motivasi kepada guru.
Kata kunci : Manajemen, Pengembangan karir guru.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Sep 2023 00:43
Last Modified: 27 Sep 2023 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7242

Actions (login required)

View Item View Item