WANDARI, EKA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATERI MENGONSUMSI MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL DAN MENJAUHI YANG HARAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMPN 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
EKA WANDARI.pdf Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Eka Wandari, 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada
Materi Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan
Menjauhi Yang Haram Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas
VIII SMPN 2 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruab Institusi Agama Islam
Negeri Palopo (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Hasbi Dan Muh
Agil Amin.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis
Inkuiri Pada Materi Mengonsumsi Makanan Dan Minuman Yang Halal Dan
Menjauhi Yang Haram Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti Kelas VIII SMPN 2
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah
pengembangan modul pembelajaran berbasis inkuiri pada materi mengonsumsi
makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram mata pelajaran
pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII SMPN 2 Palopo; untuk
mengetahui bagaimana kelayakan modul pembelajaran berbasis inkuiri pada materi
mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram mata
pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas VIII SMPN 2 Palopo
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research &
Development (R&D). Penelitian ini menggunakan 4 tahap pengembangan dari
model pengembangan 4-D yaitu: (1) tahap define (Pendefinisian), (2) tahap design
(Perancangan), (3) tahap develop (Pengembangan) dan (4) tahap disseminate
(Penyebaran). Penelitian dilakukan di SMPN 2 Palopo dengan subjek penelitian
yaitu peserta didik kelas VIII. Untuk mengetahui kelayakan produk, dilakukan uji
validitas oleh 5 validator yaitu ahli materi, ahli media dan 1 guru mata pelajaran
serta peneliti menyebarkan lembar pengisian angket respon kepada peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis
inkuiri adalah sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran dilihat
dari penilaian ahli materi (95%) dengan kategori sangat valid, ahli media (81,25%)
dengan kategori sangat valid, penilaian dari guru mata pelajaran (90%) dengan
kategori sangat valid dan angket respon peserta didik (89%) kategori sangat layak.
sedangkan rata-rata nilai tes sebelum menggunakan modul berbasis inkuiri
diperoleh 68,2 sedangkan setelah menggunakan modul berbasis inkuiri diperoleh
93.5. Maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis inkuiri dapat
dikatakan sangat valid dan layak untuk digunakan serta telah meningkatkan
pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri, PAI di SMP, SMPN 2 Palopo,
Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 00:34 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 00:34 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7252 |
Actions (login required)
View Item |