SAPUTRI, NOVIA ANGGRAENI S (2023) PENERAPAN KONSEP NITENI, NIROKKE, NAMBAHI DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NOVIA ANGGRAENI SAPUTRI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Novia Anggraeni Saputri, 2023 “Penerapan Konsep Niteni, Nirokke, Nambahi
untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI
IPA SMA Negeri 2 Luwu Timur.” Dibimbing oleh Muhammad
Hajarul Aswad dan Dwi Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang penerapan konsep Niteni, Nirokke, Nambahi
untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 2 Luwu Timur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah
konsep Niteni, Nirokke, Nambahi dapat meningkatkan motivasi belajar
matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu Timur.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) dengan tahapan pelaksanaan yaitu perencanaan (Planning), tindakan
(Action), observasi (Observasion), dan refleksi (Reflektion) dengan menggunakan
2 siklus yang dilakukan untuk memperoleh bahan-bahan, keterangan, kenyataan
kenyataan, dan informasi yang dapat dipercaya. Untuk memperoleh informasi
yang dapat dipercaya, Instrumen dalam penelitian ini dengan menggunakan
wawancara, angket, observasi. Dalam penelitian ini, jenis angket yang digunakan
yaitu angket tertutup.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa pada tahap pra
penelitian nilai sebesar 61% dan dinilai belum memenuhi target sehingga peneliti
melanjutkan tindakan pada siklus I. Pada siklus I nilai persentase menunjukkan
peningkatan dengan nilai sebesar 69%, karena belum memenuhi indikator kinerja
maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II hasil penelitian mengalami
peningkatan sebesar 75%. Dari hasil tersebut sudah mencapai target yang
diinginkan, walaupun baru masuk pada kategori tindakan Baik. Oleh karena itu,
peneliti menghentikan penelitiannya pada siklus II. Kemudian berdasarkan hasil
observasi aktivitas siswa dan guru dalam penerapan konsep Niteni, Nirokke dan
Nambahi diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II baik
itu untuk aktivitas siswa maupun guru. Peneliti melihat bahwa prensentase
aktivitas siswa pada siklus I yaitu sebesar 42% dengan kategori cukup, sementara
itu pada siklus II meningkat di angka 75% dengan kategori baik. Sedangkan untuk
aktivitas guru pada siklus I di angka 52% dengan kategori kurang, dan pada siklus
II terjadi peningkatan di angka 86% dengan kategori sangat baik. Hal ini dapat
disimpulkan bahwa terdapat aktivitas konsep Niteni, Nirokke, Nambahi dalam
pembelajaran Matematika dalam model pembelajaran kooperatif.
Kata Kunci : Konsep Niteni Nirokke Nambahi, Motivasi Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 02:48 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 02:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7254 |
Actions (login required)
View Item |