PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE DI TOMONI TIMUR KABUPATEN LUWU TIMUR

AYUNI, AYUNI (2023) PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI SHOPEE DI TOMONI TIMUR KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AYUNI.pdf] Text
AYUNI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ayuni, 2023 “ Pengaruh Customer Review Dan Kualitas Produk Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Di Tomoni Timur
Kabupaten Luwu Timur” Skripsi Program Studi Manajemen
Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo dibimbing oleh Hamida, S.E.Sy.,M.E.Sy.”
Skripsi ini membahas tentang pengaruh customer review, kualitas
produk terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee di Tomoni Timur
Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
customer review, kualitas produk terhadap keputusan pembelian di aplikasi
Shopee.
Jenis penelitia ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini yaitu masyarakat Tomoni Timur yang menggunakan atau
pernah menggunakan aplikasi Shopee dan diambil jumlah sampel sebanyak
96 responden serta instrumen penelitian menggunakan kuesioner/angket. Uji
asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas. Selanjutnya
dilakukan uji hipotesis yang meliputi uji persil (uji t), uji simultan (uji f), dan
koefisien determinasi (R square).
Hasil penelitian menunjukann bahwa variabel customer review
(XI) secara persial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan
pembelian (Y) dan variabel kualitas produk (X2) secara persial berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil uji simultan menunjukan
bahwa variabel customer review dan kualitas produk secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Hasil uji
koefesien determinasi R square yaitu sebesar 31% yang bisa menjelaskan
variabel keputusan pembelian melalui variabel customer review dan kualitas
produk. Sedangkan sisanya 69% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian
ini.
Kata Kunci : Customer Review, Kualitas Produk ; Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:33
Last Modified: 25 Oct 2023 06:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item