PENGEMBANGAN SOAL UJIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BUA PONRANG

Hilda, Hilda (2023) PENGEMBANGAN SOAL UJIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 BUA PONRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of Hilda.pdf] Text
Hilda.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Hilda, 2023, “Pengembangan Soal Ujian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking
Skill) pada muatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas
VIII di SMP Negeri 3 Bua Ponrang”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Dr.
Muhaemin, M.A., dan Asgar Marzuki, S.Pd.I., M.Pd.I
Selama kegiatan pembelajaran berlangsung selama ini masih banyak siswa
yang menjawab soal asal-asalan, sehingga hasil akhir yang diperoleh siswa
menurun. Hal ini disebabkan tidak ada pengenalan HOTS atau media
pembelajaran dalam membangun semangat siswa, dan cara berpikir siswa selama
melakukan kegiatan pembelajaran siswa sehingga peneliti mendesain sebuah
pengembangan soal ujian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada
muatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMP Negeri 3
Bua Ponrang.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan
soal ujian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill), pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Bua Ponrang, yang dikembangkan memenuhi kriteria valid,
reliabel, dan mampu meningkatkan kemampuan siswa. Jenis penelitian ini adalah
research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE dengan
lima tahapan yaitu: (1) analisis (Analyze) (2) perancangan (Design) (3)
pengembangan (Development) (4) implementasi (Implementation) dan (5)
evaluasi (Evaluation), untuk menghasilkan produk soal ujian berbasis HOTS
(Higher Order Thinking Skill) pada materi menghindari minuman keras, judi, dan
pertengkaran yang disebar langsung.
penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Bua Ponrang dengan subjek
penelitian yaitu 20 siswa kelas VIII. Hasil peneltian ini memenihi kriteria valid,
reliabel digunakan untuk mengetahui hasil dari kemampuan siswa selama kegiatan
pembelajaran berlangsung, dilihat dari penilain ahli materi (94%) dengan kategori
sangat valid, ahli butir soal (78,8%) dengan kategori valid, validitas kontruk
memiliki nilai r tabel > r hitung yang dikategorikan sudah valid, hasil uji
reliabilitas memiliki nilai sebesar 0,799 termasuk dengan kategori tinggi, hasil uji
tingkat kesukaran rata-rata 0,54 yang tingkat kesukarannya memiliki kualitas baik,
dan hasil uji daya pembeda rata-rata 0,444 dengan kemampuan baik, uji praktilitas
siswa 89%) dengan kategori sangat praktis, serta hasil uji kemampuan siswa
memiliki nilai rata-rata 71 dengan kategori baik.
Kata kunci: Pengembangan Soal Ujian Berbasis HOTS, Pendidikan Agama
Islam, SMP Negeri 3 Bua Ponrang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Oct 2023 23:59
Last Modified: 25 Oct 2023 23:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7260

Actions (login required)

View Item View Item