NISA, NURUL (2023) PENERAPAN MODEL DICK AND CAREY DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS X MIPA 3 SMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Skripsi Nurul nisa.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nisa, Nurul, 2016. “ Penerapan Model Dick And Carey Terhadap Hasil
Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas
X MIPA 3 SMA Negeri 1 Palopo”. Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Pembimbing (I) Dr. Hj. St. Marwiyah M.Ag. dan pembimbing (II)
Arifuddin, S.Pd.i, M.Pd.
Kata Kunci: Dick And Carey, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Skripsi ini membahas tentang penerapan model dick and carey terhadap
hasil belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam di kelas MIPA 3 SMA Negeri
1 Palopo. Dalam penelitian ini mengangkat permasalahan yakni: 1). Bagaimana
Penerapan Model Dick And Carey Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Di Kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Palopo? 2). Bagaimana Hasil Belajar Siswa
Dalam Menggunakan Model Dick And Carey Pada Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Di Kelas MIPA 3 SMA Negeri 1 Palopo?.
Dalam penelitian pula bertujuan untuk a). Untuk mengetahui penerapan
model dick and carey terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 di SMAN 1
Palopo b). Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam menggunakan model Dick
and Carrey dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X MIPA 3
SMAN 1 Palopo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model dick and carey
dalam pembelajaran Pendidikan agama islam, penerapan model dick and carey di
kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Palopo berguna untuk motivasi dan mendorong
untuk secara aktif menemukan dan mengkonstruksi sendiri konsep yang dikaji
melalui pembelajaran teman sebayanya. 2. Bagaimana hasil belajar siswa dalam
menggunakan model dick and carey pada pembelajaran Pendidikan agama islam di
kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Palopo adalah kualitas pembelajaran khusus siswa
khususnya pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMA 1 Palopo melalui
pola dick and carey guru PAI yang dilakukan hendaknya dapat diserap oleh siswa
yang mempunyai keragaman pengetahuan melalui pola pelaksanaan yang
cenderung terhadap penguasaan guru atau dengan mempertimbangkan kondisi
siswa.
Inplikasi penelitian, sebagai tenaga profesiaonal dibidang Pendidikan, guru
harus mengetahui dan melaksanakan hal-hal yang bersifat Teknik. Sebagai seorang
tenaga pendidik, hendaknya senantiasa memperhatikan segala sesuatu yang
berhubungan dengan inovasi dunia Pendidikan, baik itu dari segi sumber ilmu
maupun dari segi kesiapan mental dari guru sendiri dan kesiapan mental anak itu
sendiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:23 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:23 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7263 |
Actions (login required)
View Item |