MISLAYANI, MISLAYANI (2023) PENERAPAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK PANORAMA 13 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
MISLAYANI.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK 
Mislayani, 2023. “ Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Anak Usia 
Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Panorama 13 Kota Palopo”.Skripsi Program 
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan 
Institut Agama Islam Palopo. Di bimbing oleh Ibu Fatmarida Sabani selaku 
pembimbing I dan Ibu Pertiwi Kamariah Hasis selaku pembimbing II. 
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Numerasi Dalam Pembelajaran 
Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Panorama 13 Kota Palopo. 
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk  mengetahui penerapan  literasi numerasi dalam 
pembelajaran anak usia dini di TK Panorama 13 Kota  Palopo; 2) Untuk mengetahui 
apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan literasi 
numerasi dalam pembelajaran anak usia dini di TK Panorama 13 Kot Palopo.  
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis 
pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, 
observasi dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Teknik Analisis data 
dengan cara:  reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek 
penelitian yaitu, guru dan peserta didik kelompok B. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : penerapan literasi numerasi dalam 
pengenalan simbol-simbol angka sudah terlaksana melalui dua langkah yaitu, 
persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan membaca yang dilakukan di TK Panorama 13 
yaitu, anak diminta untuk menyebutkan satu persatu dari simbol angka yang ditulis 
1-10. Kegiatan menghubungkan gambar dengan angka dilakukan dengan 
memberikan lembar kerja yang mempunyai gambar dan simbol angka yang akan 
diberikan garis sesuai jumlah gambar dengan simbol angka dari 1-10. Kegiatan 
menulis, simbol angka dilakukan dengan guru menuliskan simbol angka 1-10, lalu 
guru meminta peserta didik untuk mengitunya kembali angka yang ditulis oleh  
guru. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan literasi numerasi dalam 
pengenalan simbol-simbol angka peserta didik kelompok B meliputi faktor 
pendukung dan penghambat. Adapun faktor-faktor pendukung adalah peserta didik 
dan penerapan metode yang tepat. Adapun faktor-faktor penghambat dalam 
penerapan litersi numerasi dalam pengenalan simbol-simbol angka adalah 
kurangnya media pembelejaran tentang litersi numerasi.  
Kata kunci : Literasi, Numerasi, Pembelajaran, Anak Usia Dini
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:44 | 
| Last Modified: | 26 Oct 2023 01:44 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7266 | 
