PENERAPAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK PANORAMA 13 KOTA PALOPO

MISLAYANI, MISLAYANI (2023) PENERAPAN LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK PANORAMA 13 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MISLAYANI.pdf] Text
MISLAYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mislayani, 2023. “ Penerapan Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Anak Usia
Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Panorama 13 Kota Palopo”.Skripsi Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Palopo. Di bimbing oleh Ibu Fatmarida Sabani selaku
pembimbing I dan Ibu Pertiwi Kamariah Hasis selaku pembimbing II.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Numerasi Dalam Pembelajaran
Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Panorama 13 Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penerapan literasi numerasi dalam
pembelajaran anak usia dini di TK Panorama 13 Kota Palopo; 2) Untuk mengetahui
apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapan literasi
numerasi dalam pembelajaran anak usia dini di TK Panorama 13 Kot Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara,
observasi dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Teknik Analisis data
dengan cara: reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek
penelitian yaitu, guru dan peserta didik kelompok B.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : penerapan literasi numerasi dalam
pengenalan simbol-simbol angka sudah terlaksana melalui dua langkah yaitu,
persiapan dan pelaksanaan. Kegiatan membaca yang dilakukan di TK Panorama 13
yaitu, anak diminta untuk menyebutkan satu persatu dari simbol angka yang ditulis
1-10. Kegiatan menghubungkan gambar dengan angka dilakukan dengan
memberikan lembar kerja yang mempunyai gambar dan simbol angka yang akan
diberikan garis sesuai jumlah gambar dengan simbol angka dari 1-10. Kegiatan
menulis, simbol angka dilakukan dengan guru menuliskan simbol angka 1-10, lalu
guru meminta peserta didik untuk mengitunya kembali angka yang ditulis oleh
guru. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan literasi numerasi dalam
pengenalan simbol-simbol angka peserta didik kelompok B meliputi faktor
pendukung dan penghambat. Adapun faktor-faktor pendukung adalah peserta didik
dan penerapan metode yang tepat. Adapun faktor-faktor penghambat dalam
penerapan litersi numerasi dalam pengenalan simbol-simbol angka adalah
kurangnya media pembelejaran tentang litersi numerasi.
Kata kunci : Literasi, Numerasi, Pembelajaran, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Oct 2023 01:44
Last Modified: 26 Oct 2023 01:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7266

Actions (login required)

View Item View Item