PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 1 BASTEM KABUPATEN LUWU

HASTUTI, HASTUTI (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SMPN 1 BASTEM KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi hastuti 16 0204 0055.pdf] Text
skripsi hastuti 16 0204 0055.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Hastuti, 2022. “Pengembangan Lembar Kerja peserta didik berbasis pendekatan
saintifik Pada Materi segitiga SMPN 1 Bastem Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nur
Rahmah dan St. Zuhaera.
Skripsi ini membahas tentang prosedur dan validitas serta efektifitas
pengembangan LKPD matematika pendekatan saintifik pada materi segitiga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas dan efektifitas
pengembangan LKPD matematika dengan pendekatan saintifik.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Untuk
menghasilkan produk pengembangan LKPD matematika dengan pendekatan
saintifik, peneliti mengacu pada model ADDIE dengan lima langkah
pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, and
Evaluation. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Batem dengan subjek
penelitian yaitu siswa kelas VII. Untuk mengetahui kevalidan dan efektifitas yang
dikembangkan dilakukan uji validitas oleh ahli materi, ahli media dan praktisi
oleh guru mata pelajaran SMP.
Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 80% dengan
kategori valid, adapun hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase 75%
dengan kategori valid, sedangkan hasil validasi oleh guru mata pelajaran
memperoleh persentase 77% dengan kategori valid. Adapun hasil uji coba produk
terbatas peserta didik memperoleh nilai rata-rata �� 69,2% dengan nilai ketuntasan.
Oleh karena itu semua peserta didik dapat dikatakan tuntas karena telah
memenuhi kriteria ketuntasan. Berdasarkan hal tersebur dapat disimpulkan bahwa
LKPD dengan pendekatan saintifik pada tingkat SMP/MTs yang dikembangkan
peneliti memenuhi kriteria kevalidan dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:22
Last Modified: 26 Oct 2023 02:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7267

Actions (login required)

View Item View Item