ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Harani, Amalia (2022) ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI AMALIA HARANI.pdf] Text
SKRIPSI AMALIA HARANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Amalia Harani, 2022. “Etika Komunikasi Di Media Sosial Dalam Perspektif
Al-Qur‟an”. Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan
Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN
Palopo Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Hamdani Thaha, S.Ag. M.pd.I dan Teguh Arafah
Julianto, S.Th.I, M.Ag
Skripsi ini membahas tentang Etika Komunikasi di media Sosial dalam Perspektif
Al-Qur‟an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hakikat etika
komunikasi dan untuk mendeskripsikan pandangan al-Qur‟an mengenai etika
komunikasi di media sosial. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi
ini adalah bagaimana hakikat etika komunikasi dan bagaimana pandangan al�Qur‟an terhadap etika komunikasi di media sosial. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tematik (Maudhu‟i). Hasil penelitian ini yaitu (1). Komunikasi
Islam mengandung muatan pesan yaitu bagaimana menyampaikan dan
menerapkan nilai-nilai Islam yang berdasarkan al-Qur‟an dan Hadis dalam
berbagai aspek kehidupan manusia atau dengan kata lain bahwa komunikasi Islam
terkait pada pesan khusus yaitu dakwah, karena al-Qur‟an dan Hadis merupakan
pedoman bagi umat Islam dalam hidup dan kehidupannya baik di dunia maupun
di akhirat.(2). Dari keenam etika komunikasi perspektif al-Quran, dapat dipahami
bahwa, sebuah komunikasi dikatakan baik dan tidak bertentangan dengan ajaran
agama Islam jika sudah melaksanakan etika komunikasi dari 6Q yakni Qaulan
ma‟rufan (Ungkapan yang baik dan pantas), Qaulan kariman (perkataan yang
mulia dan berharga), Qaulan Maysuran (perkataan yang ringan dan
mudah),Qaulan balighan (perkataan yang membekas pada jiwa dan mudah di
pahami),Qaulan layyinan (perkataan yang lemah lembut), dan Qaulan sadidan
(perkataan benar,lurus dan jujur). Bagi penulis berikutnya agar lebih
menampakkan ayat dan contoh tentang etika komunikasi di media sosial dan juga
agar lebih menjelaskan secara detail tentang etika komunikasi dalam berbagai
pendapat mufassir.
Kata kunci: Etika Komunikasi, Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an
200 Agama > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Oct 2023 05:20
Last Modified: 26 Oct 2023 05:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7280

Actions (login required)

View Item View Item