Widia, Widia (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X IPA 2 DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
SKRIPSI WIDIA.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Widia, 2023. “Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa Kelas X IPA 2 Di SMA Negeri 4 Palopo”.
Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas
Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Efendi P dan Sabarudin.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Bimbingan kelompok Dengan Teknik
Diskusi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X IPA 2 Di SMA Negeri 4
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh efektivitas
bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap kemandirian belajar siswa
kelas X IPA 2 di SMA Negeri 4 Palopo. Untuk mengetahui faktor yang
mempengaruhi kemandirian belajar siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 4 Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
yaitu pretest dan posttest. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 20 siswa yang memili tingkat kemandirian
belajar yang rendah dilihat dari skor perhitungan angket. Instrument penelitian
yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Data yang diperoleh
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, serta analisis regresi berganda
dengan menggunakan SPSS for Windows Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan
adanya pengaruh dan signifikansi bimbingan kelompok dengan teknik diskusi (X)
terhadap kemandirian belajar siswa (Y). Nilai koefisien determinasi atau R square
sebesar 0.325, yang berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi atau R
yaitu 0.576 x 0.576 = 0.325. Artinya, besarnya hubungan X secara parsial
terhadap Y adalah 32,5%. Hasil pugujian hipotesis diperoleh Ho ditolak dan Ha
diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik
diskusi efektif terhadap kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 4 Palopo. dan
faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar yaiyu yaitu kepercayaan diri
dengan nilai rata rata 63, inisiatif dengan nilai rata-rata 62, niat dengan nilai rata�rata 61 dan evaluasi belajar dengan nilai rata-rata 55. Berdasarkan nilai rata- rata
pada setiap indikator maka dapat disimpulkan bahwa yang paling berpengaruh
terhadap kemamdirian belajar yaitu faktor kepercayaan diri dengan nilai rata-rata
sebesar 63. Berdasarkan nilai rata-rata pada setiap indikator maka dapat
disimpulkan bahwa yang paling berpengaruh terhadap kemandirian belajar yaitu
faktor kepercayaan diri dengan nilai rata-rata sebesar 63.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Kemandirian Belajar
Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:17 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:17 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7286 |
Actions (login required)
View Item |