Mustamin, Annisa (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP WARNA MELALUI PERMAINAN SAINS SEDERHANA PADA ANAK DIDIK DI TKIT MUTIARA ISLAM KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
![[thumbnail of SKRIPSI AKHIR LENGKAP-1.pdf]](http://repository.iainpalopo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI AKHIR LENGKAP-1.pdf
Download (7MB)
Abstract
ABSTRAK
Annisa Mustamin, 2022. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep 
Warna melalui Permainan Sains Sederhana pada Anak di TKIT Mutiara 
Islam Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. 
Dibimbing Oleh Fatmaridah Sabani dan Dwi Risky Arifanti
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif 
anak mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana dan mengetahui 
upaya mengatasi faktor hambatan dalam peningkatan kemampuan kognitif anak 
mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana di TKIT Mutiara Islam 
Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di 
TKIT Mutiara Islam Kota Palopo yang dilakukan pada bulan Agustus sampai 
September semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Instrumen penelitian 
menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak 
didik kelompok B yang berjumlah 17 orang terdiri dari 6 perempuan dan 11 laki�laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data 
yang dikumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif
secara deskriptif. 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebelum diberikan tindakan 
terdapat 82,35% anak belum mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH). 
Hasil observasi kemampuan kognitif mengenal konsep warna pada pratindakan 
adalah rata-rata persentase 49,41% yang tergolong dalam kriteria cukup baik; (2) 
Kemampuan kognitif mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana 
menunjukkan adanya peningkatan menjadi 59,3% pada siklus I yang termasuk 
dalam kategori cukup baik dan menjadi 75,6% yang termasuk dalam kategori baik 
pada siklus II;dan (3) Upaya mengatasi faktor hambatan dalam peningkatan 
kemampuan kognitif mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana 
adalah menyiapkan bahan percobaan yang lebih menarik dan bervariasi serta guru 
memperhatikan setting tempat duduk anak saat percobaan agar anak termotivasi 
dan saling berkomunikasi dengan teman kelompoknya.
Kata kunci: Kognitif, Sains Sederhana, Warna
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu 200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 
| Depositing User: | Muh. Afandhy Amir | 
| Date Deposited: | 27 Oct 2023 01:05 | 
| Last Modified: | 27 Oct 2023 01:05 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7298 | 
