PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP WARNA MELALUI PERMAINAN SAINS SEDERHANA PADA ANAK DIDIK DI TKIT MUTIARA ISLAM KOTA PALOPO

Mustamin, Annisa (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP WARNA MELALUI PERMAINAN SAINS SEDERHANA PADA ANAK DIDIK DI TKIT MUTIARA ISLAM KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI AKHIR LENGKAP-1.pdf] Text
SKRIPSI AKHIR LENGKAP-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Annisa Mustamin, 2022. Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep
Warna melalui Permainan Sains Sederhana pada Anak di TKIT Mutiara
Islam Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Fatmaridah Sabani dan Dwi Risky Arifanti
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif
anak mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana dan mengetahui
upaya mengatasi faktor hambatan dalam peningkatan kemampuan kognitif anak
mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana di TKIT Mutiara Islam
Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di
TKIT Mutiara Islam Kota Palopo yang dilakukan pada bulan Agustus sampai
September semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak
didik kelompok B yang berjumlah 17 orang terdiri dari 6 perempuan dan 11 laki�laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data
yang dikumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif
secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebelum diberikan tindakan
terdapat 82,35% anak belum mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH).
Hasil observasi kemampuan kognitif mengenal konsep warna pada pratindakan
adalah rata-rata persentase 49,41% yang tergolong dalam kriteria cukup baik; (2)
Kemampuan kognitif mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana
menunjukkan adanya peningkatan menjadi 59,3% pada siklus I yang termasuk
dalam kategori cukup baik dan menjadi 75,6% yang termasuk dalam kategori baik
pada siklus II;dan (3) Upaya mengatasi faktor hambatan dalam peningkatan
kemampuan kognitif mengenal konsep warna melalui permainan sains sederhana
adalah menyiapkan bahan percobaan yang lebih menarik dan bervariasi serta guru
memperhatikan setting tempat duduk anak saat percobaan agar anak termotivasi
dan saling berkomunikasi dengan teman kelompoknya.
Kata kunci: Kognitif, Sains Sederhana, Warna

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:05
Last Modified: 27 Oct 2023 01:05
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item